Show simple item record

dc.contributor.advisorJAMAL, AGUS
dc.contributor.advisorCHAMIM, ANNA NUR NAZILAH
dc.contributor.authorMULYANA, YAYAN
dc.date.accessioned2017-01-23T02:55:46Z
dc.date.available2017-01-23T02:55:46Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8714
dc.descriptionSemakin besar suatu sistem maka akan mengakibatkan banyaknya potensi gangguan baik kecil maupun besar. Karena itu perlunya dilakukan sebuah evaluasi kestabilan didalam sistem agar sistem tersebut dapat bertahan dan kembali dalam keadaan kesetimbangan saat terjadinya gangguan maupun setelah terjadinya gangguan. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan Test System IEEE 30 bus modifikasi sebagai database, metode Newton-Raphson, metode RCF ( Reactive Contibution Factor) dan prinsip dari metode LSF (Loss Sensitivity Factor). Pengoptimalan penempatan kapasitor ini berhasil memperbaiki nilai profil tegangan dan menurunan total losses sebesar 1,21 % dengan injeksi total sebesar 10 MVar pada bus 26 dan 30 pada sistem. Selain itu, Pemasangan Distributed Generator ini dapat memurunkan losses sebesar 3,3 % dengan prinsip dari metode LSF dan 9,03 % dengan menggunakan skenario 1.en_US
dc.description.abstractSemakin besar suatu sistem maka akan mengakibatkan banyaknya potensi gangguan baik kecil maupun besar. Karena itu perlunya dilakukan sebuah evaluasi kestabilan didalam sistem agar sistem tersebut dapat bertahan dan kembali dalam keadaan kesetimbangan saat terjadinya gangguan maupun setelah terjadinya gangguan. Dalam perancangan ini, penulis menggunakan Test System IEEE 30 bus modifikasi sebagai database, metode Newton-Raphson, metode RCF ( Reactive Contibution Factor) dan prinsip dari metode LSF (Loss Sensitivity Factor). Pengoptimalan penempatan kapasitor ini berhasil memperbaiki nilai profil tegangan dan menurunan total losses sebesar 1,21 % dengan injeksi total sebesar 10 MVar pada bus 26 dan 30 pada sistem. Selain itu, Pemasangan Distributed Generator ini dapat memurunkan losses sebesar 3,3 % dengan prinsip dari metode LSF dan 9,03 % dengan menggunakan skenario 1.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS TEKNIK UMYen_US
dc.subjectKESTIMBANGANen_US
dc.subjectMETODE NEWTON-RAPHSONen_US
dc.subjectMETODE RCFen_US
dc.subjectMETODE LSFen_US
dc.subjectPROFIL TEGANGANen_US
dc.subjectLOSSES, KAPASITORen_US
dc.subjectDISTRIBUTED GENERATORen_US
dc.titleSISTEM KONTROL JALA-JALA LISTRIK BERBASIS WIRELESSen_US
dc.typeThesis SKR 397en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record