dc.contributor.advisor | JAMAL, AGUS | |
dc.contributor.advisor | CHAMIM, ANNA NUR NAZILAH | |
dc.contributor.author | MULYANA, YAYAN | |
dc.date.accessioned | 2017-01-23T02:55:46Z | |
dc.date.available | 2017-01-23T02:55:46Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8714 | |
dc.description | Semakin besar suatu sistem maka akan mengakibatkan banyaknya potensi gangguan baik kecil maupun besar. Karena itu perlunya dilakukan sebuah evaluasi kestabilan didalam sistem agar sistem tersebut dapat bertahan dan kembali dalam keadaan kesetimbangan saat terjadinya gangguan maupun setelah terjadinya gangguan.
Dalam perancangan ini, penulis menggunakan Test System IEEE 30 bus modifikasi sebagai database, metode Newton-Raphson, metode RCF ( Reactive Contibution Factor) dan prinsip dari metode LSF (Loss Sensitivity Factor).
Pengoptimalan penempatan kapasitor ini berhasil memperbaiki nilai profil tegangan dan menurunan total losses sebesar 1,21 % dengan injeksi total sebesar 10 MVar pada bus 26 dan 30 pada sistem. Selain itu, Pemasangan Distributed Generator ini dapat memurunkan losses sebesar 3,3 % dengan prinsip dari metode LSF dan 9,03 % dengan menggunakan skenario 1. | en_US |
dc.description.abstract | Semakin besar suatu sistem maka akan mengakibatkan banyaknya potensi gangguan baik kecil maupun besar. Karena itu perlunya dilakukan sebuah evaluasi kestabilan didalam sistem agar sistem tersebut dapat bertahan dan kembali dalam keadaan kesetimbangan saat terjadinya gangguan maupun setelah terjadinya gangguan.
Dalam perancangan ini, penulis menggunakan Test System IEEE 30 bus modifikasi sebagai database, metode Newton-Raphson, metode RCF ( Reactive Contibution Factor) dan prinsip dari metode LSF (Loss Sensitivity Factor).
Pengoptimalan penempatan kapasitor ini berhasil memperbaiki nilai profil tegangan dan menurunan total losses sebesar 1,21 % dengan injeksi total sebesar 10 MVar pada bus 26 dan 30 pada sistem. Selain itu, Pemasangan Distributed Generator ini dapat memurunkan losses sebesar 3,3 % dengan prinsip dari metode LSF dan 9,03 % dengan menggunakan skenario 1. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UMY | en_US |
dc.subject | KESTIMBANGAN | en_US |
dc.subject | METODE NEWTON-RAPHSON | en_US |
dc.subject | METODE RCF | en_US |
dc.subject | METODE LSF | en_US |
dc.subject | PROFIL TEGANGAN | en_US |
dc.subject | LOSSES, KAPASITOR | en_US |
dc.subject | DISTRIBUTED GENERATOR | en_US |
dc.title | SISTEM KONTROL JALA-JALA LISTRIK BERBASIS WIRELESS | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
397 | en_US |