dc.contributor.advisor | YUSUF,MIRZA | |
dc.contributor.author | FAUZI, FICKY | |
dc.date.accessioned | 2017-01-24T02:06:04Z | |
dc.date.available | 2017-01-24T02:06:04Z | |
dc.date.issued | 2016 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/8760 | |
dc.description | Gokart merupakan kendaran beroda empat layaknya mobil. Gokart
biasanya digunakan sebagai sarana hiburan dan balap layaknya balap Formula 1.
Bentuknya yang lebih kecil dari kendaraan roda empat yang lain, memiliki
kapasitas mesin yang lebih kecil pula. Sehingga gokart hanya membutuhkan
lintasan balap yang pendek saja. Gokart pertama kali di rancang oleh Art Ingles
pada tahun 1958 di Callifornia bagian selatan.
Tahapan – tahapan dalam pembuatan sistem pemindah tenaga gokart
berdasarkan dari desain chasis yang telah di buat. hal ini bertujuan agar tidak ada
kesalahan dalam pengerjaan komponen sistem pemindah tenaga yang
menyebabkan ketidakstabilan pada laju gokart. Langkah – langkah pembuatan
sistem pemindah tenaga gokart meliputi Observasi gambar kerja, mempersiapkan
bahan dan alat, proses pembuatan bagian – bagian poros, perakitan,
pemasangan,dan pengujian.
Untuk menghitung putaran roda belakang jika putaran output dari
kopling di asumsikan 7000 rpm jumlah gigi transmisi seperti yang terdapat pada
table, dan final gear 14 – 43 maka dapat di hitung dengan rumus 𝑁𝑧1 𝑥 𝑍1 =
𝑁𝑧2 𝑥 𝑍2. Hasil perhitungan dengan rumus tersebut di dapatkan hasil putaran
akhir 829 rpm, 1276 rpm, 1665 rpm, 2081 rpm, 2496 rpm, dan 2849 rpm. Dari
tiga kali pengujian akselerasi dengan jarak 100m waktu tempuh rata – rata yang
dapat di capai oleh gokart adalah 10.7 detik. Dan untuk jarak 200m di dapat
waktu rata – rata 15.01 detik. Pengujian tersebut di lakukan pada lintasan yang
lurus dan rata, mengingat tidak adanya suspensi pada gokart. | en_US |
dc.description.abstract | Gokart merupakan kendaran beroda empat layaknya mobil. Gokart
biasanya digunakan sebagai sarana hiburan dan balap layaknya balap Formula 1.
Bentuknya yang lebih kecil dari kendaraan roda empat yang lain, memiliki
kapasitas mesin yang lebih kecil pula. Sehingga gokart hanya membutuhkan
lintasan balap yang pendek saja. Gokart pertama kali di rancang oleh Art Ingles
pada tahun 1958 di Callifornia bagian selatan.
Tahapan – tahapan dalam pembuatan sistem pemindah tenaga gokart
berdasarkan dari desain chasis yang telah di buat. hal ini bertujuan agar tidak ada
kesalahan dalam pengerjaan komponen sistem pemindah tenaga yang
menyebabkan ketidakstabilan pada laju gokart. Langkah – langkah pembuatan
sistem pemindah tenaga gokart meliputi Observasi gambar kerja, mempersiapkan
bahan dan alat, proses pembuatan bagian – bagian poros, perakitan,
pemasangan,dan pengujian.
Untuk menghitung putaran roda belakang jika putaran output dari
kopling di asumsikan 7000 rpm jumlah gigi transmisi seperti yang terdapat pada
table, dan final gear 14 – 43 maka dapat di hitung dengan rumus 𝑁𝑧1 𝑥 𝑍1 =
𝑁𝑧2 𝑥 𝑍2. Hasil perhitungan dengan rumus tersebut di dapatkan hasil putaran
akhir 829 rpm, 1276 rpm, 1665 rpm, 2081 rpm, 2496 rpm, dan 2849 rpm. Dari
tiga kali pengujian akselerasi dengan jarak 100m waktu tempuh rata – rata yang
dapat di capai oleh gokart adalah 10.7 detik. Dan untuk jarak 200m di dapat
waktu rata – rata 15.01 detik. Pengujian tersebut di lakukan pada lintasan yang
lurus dan rata, mengingat tidak adanya suspensi pada gokart. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS TEKNIK UMY | en_US |
dc.subject | GOKART | en_US |
dc.subject | PENGGERAK BELAKANG | en_US |
dc.subject | PERFORMA | en_US |
dc.title | ANALISIS PERANCANGAN PENGGERAK BELAKANG GOKART 150cc DOHC | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
078 | en_US |