Show simple item record

dc.contributor.advisorRAHARJO, ARIF BUDI
dc.contributor.advisorIMAN, MARSUDI
dc.contributor.authorHUSNIATI, TUTIK
dc.date.accessioned2017-02-07T02:46:53Z
dc.date.available2017-02-07T02:46:53Z
dc.date.issued2016-09-09
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9023
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk, mengetahui, pertama, tingkat kecerdasan emosi dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs N Bantul Kota. Kedua, mengetahui aspek- aspek kecerdasan emosi yang tidak optimal kecerdasan emosinya pada saat pembelajaran bahasa Arab. Ketiga, mengetahui keefektifitasan model pembelajaran quantum learning untuk meningkatkan kecerdasan emosi setelah diterapkan berdasarkan praktek pembelajaran bahasa Arab di MTs N Bantul Kota. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B, VIII B (sebagai kelas eksperimen ) dan kelas VII E, VIII A (sebagai kelas kontrol ) MTs N Bantul Kota. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan model Nonequivalent Control Group Design dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Strategi selanjutnya adalah menganalisa data dengan one way anova yang diolah dengan bantuan program SPSS versi 17, sehingga dapat diketahui keefektifitasan metode quantum learning dalam meningkatkan kecerdasan emosi pada saat pembelajaran bahasa Arab. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Kecerdasan emosi siswa MTs N Bantul Kota pada saat mengikuti pelajaran bahasa Arab pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu terkategori baik dan tidak ada perbedaan yang bermakna antara kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Ini bisa dilihat juga dari olah sekor data pretest yang mendapatkan Fhit = 0.020 dengan probabilitas = 0.887 atau perolehan p > 0.05. Aspek kecerdasan emosi yang tidak optimal kecerdasan emosinya setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran quantum learning pada saat pembelajaran bahasa Arab adalah aspek pengaturan diri dan motivasi. Kategorisasi pada kedua aspek tersebut secara kualitatif sama, baik pada pretest maupun pada postest, namun secara kuantitatif terdapat kenaikan namun belum mampu merubah kategorisasinya. Adapun penerapan metode quantum learning dalam pembelajaran mampu meningkatkan kecerdasan emosi siswa lebih tinggi dibandimg metode biasa secara signifikan. Dari hasil hitungan mendapatkan Fhit = 8.226 dengan probabilitas = 0.005. Perolehan p ≤ 0.05 menandakan signifikan. Hal ini menjelaskan ada perbedaan bermakna kecerdasan emosi siswa dari kelas eksperimen dibanding kontrol sesudah penerapan metode quantum learning pada kelas eksperimen. Kecerdasan emosi siswa pada kelompok eksperiman x = 134.18, lebih tinggi dibanding kontrol x = 128.16. Berdasarkan hasil ini disimpulkan penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan kecerdasan emosi siswa pada saat pembelajaran bahasa Arab di MTs N Bantul Kota Tahun Ajaran 2014/ 2015.en_US
dc.publisherMSI UMYen_US
dc.subjectKECERDASAN EMOSIen_US
dc.subjectBAHASA ARABen_US
dc.subjectQUANTUM LEARNINGen_US
dc.titleEFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSI SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Kuasi Eksperimen pada MTs N Bantul Kota)en_US
dc.typeThesis MSI 18 2016en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record