Show simple item record

dc.contributor.advisorOKTAVIA, ALFINI
dc.contributor.authorPRADITA, SATYA BAGUS
dc.date.accessioned2017-03-30T02:32:12Z
dc.date.available2017-03-30T02:32:12Z
dc.date.issued2016-08-22
dc.identifier.urihttp://repository.umy.ac.id/handle/123456789/9871
dc.descriptionLatar Belakang: Kesehatan gigi dan mulut sering dikesampingkan oleh sebagian orang. Mereka belum memahami bahwa rongga mulut menjadi salah satu akses masuknya kuman dan bakteri sehingga dapat menimbulkan penyakit. Keluhan terhadap gigi berlubang masih banyak ditemukan pada anak-anak. Anak dengan usia sekolah dasar adalah kelompok yang rentan terhadap penyakit gigi dan mulut karena umumnya pada kelompok umur tersebut, anak-anak cenderung mempunyai perilaku atau kebiasaan diri yang kurang mendukung terciptanya kesehatan gigi dan mulut yang baik. Tujuan Penelitian: Mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan media Power Point terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 7 – 8 tahun di SD Negeri Minomartani 1 Yogyakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Minomartani 1 Yogyakarta pada bulan Juni 2016. Hasil Penelitian: Berdasarkan uji Paired-t test terhadap 24 subyek penelitian, nilai signifikansi sebesar 0,014 (p < 0,05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan menggunakan media Power Point terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada anak usia 7-8 tahun. Kesimpulan: Terdapat pengaruh penyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan media Power Point terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut siswa usia 7-8 tahun di SD Negeri Minomartani 1 Yogyakarta.en_US
dc.description.abstractBackground: Oral health is often ignored by most of people. They do not understand that the oral cavity is the entry access of germ and bacteria that could cause disease. Tooth cavities are still commonly found in children. Children in primary school age are vulnerable to oral disease because children tend to have behavior or habits those are less supportive for good oral health. Purpose: To know the influence of oral health education with Power Point media towards level of oral health knowledge in 7-8 years old students in SDN Minomartani 1 Yogyakarta. Method: This research used experimental research type with one group pretest-posttest research design. This research was held in SDN Minomartani 1 Yogyakarta in June 2016. Result: Based on Paired-t test to 24 sample, the significant value was 0.014 (p <0.05), which means that there was influence of oral health education by using Power Point media towards level of oral health knowledge in 7-8 years old students. Conclusion: There is influence of oral health education with Power Point media towards level of oral health knowledge of 7-8 years old students in SDN Minomartani 1 Yogyakarta.en_US
dc.publisherFKIK UMYen_US
dc.subjectPower Pointen_US
dc.subjectoral health knowledge levelen_US
dc.subjectPower Point Oral health educationen_US
dc.subjectkesehatan gigi dan muluten_US
dc.titlePENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN MEDIA POWER POINT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA ANAK USIA 7 – 8 TAHUN (Kajian Pada SD Negeri Minomartani 1 Yogyakarta)en_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record