Department of Tarbiyah: Recent submissions
Now showing items 201-220 of 990
-
PENGARUH POLA ASUH DEMOKRATIS ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL REMAJA DI DESA MINGGIR SLEMAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini berjudul pengaruh pola asuh demokratis orangtua terhadap kecerdasan spiritual remaja di desan Minggir Sleman, dengan tujuan untuk 1) mengetahui pola asuh demokratis yang diterapkan orangtua di desa ... -
PENGEMBANGAN SIKAP SOSIAL BERMASYARAKAT ANAK ASUH PANTI ASUHAN BINA INSANI DESA SUMBERSARI, MOYUDAN, SLEMAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Bagaimana pelaksanaan pengembangan sikap sosial bermasyarakat anak asuh di Panti Asuhan Bina Insani. 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambatan dalam proses pengembangan di Panti ... -
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI SD MUHAMMADIYAH WIROBRAJAN 3 YOGYAKARTA”
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi“program pembelajaran baca tulis al-Qur’an di”SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Yogyakarta, dan ingin mengetahui mengenai context, input, prosess, dan productdari program ... -
STRATEGI GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI SEKOLAH INKLUSIF SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru pendamping khusus dalam implementasi Kurikulum 2013 bagi anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusi SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta serta faktor pendukung, ... -
HUBUNGAN POLA ASUH OTORITER ORANG TUA DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH SURONATAN TAHUN AJARAN 2018/2019
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Suronatan dengan tujuan : (1) mendeskripsikan pola asuh otoriter orang tua; (2) mengetahui disiplin belajar; (3) mengetahui prestasi belajar akademik; (4) membuktikan hubungan ... -
EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN METODE UMMI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SANGGAR TAHSIN TAHFIZH AL-QUR’AN KASIHAN BANTUL
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program tansin di Sanggar Tahsin Tahfidz Al Quran dengan menggunakan model evaluasi CIPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran, menggunakan pendekatan kualitatif dan ... -
PERAN RADIO KOMUNITAS “MEDIA SELATAN” DALAM PROSES PERDAMAIAN-KONFLIK DI PATANI THAILAND SELATAN
(2018)Masyarakat dan konflik adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Di negara manapun, konflik bisa terjadi karena berbagai sebab seperti masalah agama, etnis, ekonomi, politik, dan pertandingan olahraga. Peristiwa yang ... -
PERBANDINGAN TINGKAT KEDISIPLINAN ANTARA ANAK KELUARGA BROKEN HOME DAN NON BROKEN HOME DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat kedisiplinan anak keluarga broken home; (2) tingkat kedisiplinan anak keluarga non broken home; (3) perbedaan kedisiplinan antara anak keluarga broken home dan non ... -
EVALUASI KEMAMPUAN KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEK OLAH DALAM PENGUATAN BUDAYA SEKOLAH ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui apa saja program kepala sekolah dalam penguatan budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. 2) Mengetahui pelaksanaan program budaya sekolah Islami di SMP Muhammadiyah ... -
STRATEGI GURU AGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SD MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter siswa di SD Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta beserta strategi guru agama dalam membentuk karakter siswa di lingkungan sekolah SD Muhammadiyah Boarding School ... -
INTERNALISASI KECERDASAN EMOSIONAL DI SANGGAR ANAK ALAM BANTUL YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam serta faktor pendukung dan penghambat internalisasi kecerdasan emosional di Sanggar Anak Alam. Jenis penelitian ... -
KONTRIBUSI PONDOK PESANTREN AL MAHALLI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASYARAKAT BRAJAN, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis kontribusi Pondok Pesantren Al – Mahalli dalam Pendidikan Agama Islam pada masyarakat Dusun Brajan, (2) menganalisis kehidupan serta perubahan yang terjadi pada masrakat Dusun ... -
PENGARUH KECERDASAN INTRAPERSONAL TERHADAP KARAKTER KEMANDIRIAN SISWA DI SEKOLAH INDONESIA JOHOR BAHRU, JOHOR, MALAYSIA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018-12-06)This study aims to: (1) determine the character of the students’ independence at Sekolah Indonesia Johor Bahru; (2) know the level of intrapersonal intelligence of students at Sekolah Indonesia Johor Bahru; and (3) find ... -
PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang ibu wali murid TPA Dharma Wanita RSUP Dr. Sardjito menjadi wanita karier, menganalisis peran wanita karier dalam mengoptimalkan pendidikan karakter anak usia dini, ... -
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KARAKTER JUJUR DAN RELIGIUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 KALASAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Pembentukkan karakter perlu dan penting untuk peserta didik upaya penyelenggaraan pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah 2 Kalasan. Pihak sekolah dan stakeholder sebagai pijakan terlaksananya pembentukan karatkter bagi ... -
HUBUNGAN KENAKALAN REMAJA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 1 TURI SLEMAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kenakalan remaja kelas XI di SMA N 1 Turi Sleman; (2) menganalisis hasil belajar di SMA N 1 Turi Sleman; (3) menganalisis hubungan kenakalan remaja dengan hasil belajar ... -
STUDI KOMPARASI KONSEP PENDIDIKAN BERDASARKAN GOLONGAN USIA MENURUT IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH DAN JEAN JACKQUES ROSSEAU
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Tujuan penelitian ini meliputi 3 hal : Pertama untuk mendeskripsikan konsep pendidikan berdasarkan golongan usia menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dan Jean Jackques Rosseau. Kedua yakni menganalisis persamaan dan perbedaan ... -
EVALUASI PROGRAM TAHSIN DAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana perencanaan, proses pelaksanaan, serta untuk menganalisis hasil pencapaian dari pelaksanaanan program pembelajaran Tahsin dan Tadfidz Al-Qur’an yang dilaksanakan di ... -
PERBANDINGAN KARAKTER ANAK MILENIAL YANG DIASUH IBU RUMAH TANGGA DENGAN IBU KARIR DI SMK ABDI NEGARA, MUNTILAN
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter anak milenial yang diasuh ibu rumah tangga di SMK Abdi Negara, Muntilan, untuk menganalisis karakter anak milenial yang diasuh ibu karir di SMK Abdi Negara, ... -
HUBUNGAN INTENSITAS MENGGUNAKAN HANDPHONE UNTUK MEDIA SOSIAL DENGAN MINAT MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA
(FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA, 2018)Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana intensitas menggunakan handphone untuk media sosial, (2) mengkaji minat membaca Al- Qur’an, (3) mengetahui adakah hubungan anatara intensitas menggunakan handphone ...