dc.description.abstract | Latar Belakang: Rumah Sakit Sarila Husada Sragen merupakan salah
satu rumah sakit yang menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat
diwilayah Sragen dan sekitarnya. Rumah Sakit Sarila Husada Sragen berusaha
untuk terus menerus meningkatkan kualitas pelayanan tanpa mengabaikan fungsi
sosial sebagai instansi kesehatan. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pengaruh kualitas pelayanan ditinjau dari dimensi tampilan/bukti fisik terhadap
kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada pasien Rawat Jalan,
Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ditinjau dari dimensi keandalan
terhadap kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada pasien Rawat
Jalan, Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ditinjau dari dimensi daya
tanggap terhadap kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada pasien
Rawat Jalan, Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ditinjau dari dimensi
kepastian/jaminan terhadap kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen
pada pasien Rawat Jalan, Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan ditinjau
dari dimensi empati terhadap kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen
pada pasien Rawat Jalan.
Metode penelitian: Ini adalah penelitian asosiatif. Populasi nya adalah
Semua pasien yang menggunakan jasa Rumah Sakit Sarila Husada Sragen. Teknik
pengambilan sampel dilakukan dengan cara non random sampling jumlah sampel
sebesar 100 responden. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data
menggunakan analisis regresi berganda.
Hasil dan Pembahasan: Diperoleh hasil Y = -0,371 X₁ + 0,689 X₂ +
0,082 X₃ + 0,337 X₄ - 0,123 X₅. Pada persamaan ditunjukan pengaruh variabel
tangibel (X₁), Reabilitas (X₂), Responsives (X₃), Asurance (X₄), Emphaty (X₅)
terhadap kepuasan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada pasien Rawat
Jalan (Y).
Simpulan: Variabel tampilan/bukti fisik, keandalan, daya tanggap,
kepastian/jaminan, dan empati berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan
Pelanggan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada pasien Rawat Jalan.
Variabel tampilan/bukti fisik dan kepastian/jaminan, berpengaruh secara parsial
terhadap kepuasan Pelanggan pasien rumah sakit Sarila Husada Sragen pada
pasien Rawat Jalan. | en_US |