View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STUDI EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH ECU (ENGINE CONTROL UNIT) TERHADAP KINERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH 150 CC BERBAHAN BAKAR PERTALITE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (43.09Kb)
      HALAMAN JUDUL (354.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (735.9Kb)
      ABSTRACT (86Kb)
      BAB I (90.15Kb)
      BAB II (929.5Kb)
      BAB III (605.1Kb)
      BAB IV (398.1Kb)
      BAB V (88.75Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (79.00Kb)
      LAMPIRAN (438.0Kb)
      LAMPIRAN (16.48Mb)
      Date
      2017-04-20
      Author
      ANUGRAH, ANGGI PUTRA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Perkembangan otomotif saat ini sangat pesat, berbagai teknologi dikembangkan untuk meningkatkan kinerja serta efisiensi motor diantaranya adalah variasi ECU (Engine Control Unit) pada sepeda motor injeksi. ECU (Engine Control Unit) berfungsi menerima dan menghitung seluruh informasi/data yang diterima dari masing-masing sinyal sensor yang ada dalam mesin. Informasi yang diperoleh dari sensor antara lain berupa informasi suhu udara, suhu oli mesin, suhu air pendingin, tekanan atau jumlah udara masuk, posisi katup throttle/katup gas, putaran mesin posisi poros engkol, dan informasi yang lainnya. Dengan adanya variasi ECU di pasaran dipercaya dapat meningkatkan performa dan juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan variasi ECU Standar dan ECU BRT Juken 3 Dualband pada motor Honda CB150R SF 150cc. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen serta dilakukan pada kecepatan putar (rpm) berubah, yaitu dengan menghidupkan mesin dan menahan throttle pada rpm 4000 setelah stabil pada 4000 rpm kemudian throttle diputar secara spontan hingga 11500 rpm. Parameter yang diuji dalam penelitian ini merupakan daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Dari pengujian kinerja mesin, dapat disimpulkan bahwa daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT Map (Performa) dengan daya sebesar 16,3 HP pada putaran mesin 11248 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT Juken 3 Dualband (Performa) sebesar 12,56 Nm pada putaran mesin 7978 rpm. Dari pengujian konsumsi bahan bakar, dapat disimpulkan bahwa konsumsi bahan bakar yang paling irit dengan menggunakan ECU BRT Juken 3 Dualband (Efisiensi). Efisiensi bahan bakar naik sebesar 30% dibanding menggunakan ECU Standar dari pabrikan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10258
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV