View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Government Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Government Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      IMPLEMENTASI PROGRAM GERAKAN DESA CERDAS DI KABUPATEN HALMAHAERA SELATAN TAHUN 2015 (Study Kasus di SDN Marikoko, Desa Kakupang, Kecamatan Kasiruta Barat)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (204.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (622.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (502.3Kb)
      ABSTRAK (155.5Kb)
      BAB I (214.4Kb)
      BAB II (464.3Kb)
      BAB III (185.2Kb)
      BAB IV (300.2Kb)
      BAB V (745.5Kb)
      BAB VI (90.36Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (10.16Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (204.7Kb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      NAFAR, AMRIN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Masalah dalam penelitian ini adalah, bahwa didalam pelaksanaan kebijakan pemerintah kabupaten Halmahera selatan “Program Gerakan desa Cerdas” ada beberapa hambatan berdasarkan implementasi tahun sebelumnya yaitu masalah akses jalan menuju lokasi sekolah dasar, tidak adanya akses jaringan telekomunikasi di lapangan, serta masih adanya bangunan sekolah yang kurang perhatian dari pemerintah kabupaten Halmahera selatan, banyaknya sekolah yang kekurangan buku ajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, lokasi penelitian adalah di Sekolah dasar negeri (SDN) Marikoko desa Kakupang. Hasil penelitian ini adalah: secara konten atau isi kebijakan ini sudah sangat baik, karena sesuai dengan kebutuhan sekolah dasar yang berada di pelosok kabupaten Halmahera selatan yang masih kekurangan guru sekolah dasar yang professional, didalam kebijakan ini juga telah menyebutkan implementatornya secara rinci yaitu komunitas pemuda penggerak desa. Dengan adanya kebijakan/program ini masyarakat sangat terbantu karena anak-anak mereka mendapatkan guru yang professional tempat mereka menimba ilmu, serta respon masyarakat sangat baik, rogram ini juga didukung oleh tenaga pengajar yang professional karena semua guru sudah melewati proses seleksi dan pelatihan dengan standar yang cukup baik, namun program ini tidak didukung oleh sumber daya lainnya, seperti akses jalan menuju sekolah yang masih rusak, gedung sekolah yang mengancam keselamatan guru dan murid, buku ajar yang sangat minim bhkan cenderung sudah lapuk, jaringan internet yang masih kurang bahkan tidak ada. kebijakan ini bertujuan untuk mengalokasikan tenaga pengajar. agar program ini tetap berjalan untuk kedepannya, pemerintah kabupaten Halmahera selatan harus menjadikan program ini untuk memperbaiki sekolah sekolah yang ada bukan hanya dari segi tenaga pengajar akan tetapi dalam segi fisik bangunan sekolah, akses jalan serta buku ajar sekolah juga harus diperbaiki serta jaringan komunikasi dan internet.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10577
      Collections
      • Master of Government Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV