View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      UPAYA-UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAK SISWA KELAS X DI SMK MUHAMMADIYAH BANGUNJIWO

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (105.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (299.5Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (338.9Kb)
      ABSTRACT (147.4Kb)
      BAB I (166.1Kb)
      BAB II (461.6Kb)
      BAB III (89.44Kb)
      BAB IV (378.1Kb)
      BAB V (154.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (207.3Kb)
      LAMPIRAN (205.3Kb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      SETIAWAN, FAHRURUDI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya-upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa kelas X di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana kondisi akhlak siswa, upaya apa saja yang digunakan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak siswa, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan akhlak siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif, dengan subyek penelitianya adalah guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah dan peserta didik SMK Muhammadiyah Bangunjiwo. Data di kumpul dengan menggunakan 3 cara yaitu: wawancara, observasi dan dokumentasi. Pengumpulan dan analisis data bersifat interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kondisi akhlak di SMK Muhammadiyah Bangunjiwo ada tiga di antaranya: akhlak baik, cukup (sedeng) dan akhlak kurang baik. Namun pada umunya kondisi akhlak di sekolah tersebut sudah baik. (2) upaya yang digunakan guru dalam meningkatkan akhlak siswa di antaranya: sholat berjama’ah, tadarus Al-Qur’an, ibadah sholat Sunnah, Achievement Motivation Training (AMT), membentuk klompok belajar dan pesantreen ramadhan. (3) faktor pendukung tenaga pendidik yang professional dan prasarana seperti media. Dan faktor penghambatnya belum adanya tempat ibadah di halaman sekolah, latar keluarga kurang mampu, kurangnya kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua siswa
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10646
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV