PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN PROSES TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN IB TITIPAN BDS DI BPRS BAROKAH DANA SEJAHTERA
Abstract
Tujuan utama Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari marketing mix yang terdiri dari produk, harga, promosi dan proses terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan IB Titipan BDS di BPRS Barokah Dana Sejahtera.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan sampel 100 responden nasabah tabungan IB Titipan BDS adapun pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner. Untuk pengujian instrumen menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Uji Asumsi Klasik. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan metode regresi linear berganda dengan IBM SPSS 20 yang menjelaskan pengaruh produk, harga, promosi dan proses terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan iB titipan BDS di BPRS Barokah Dana Sejahtera.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk(X1), Harga(X2), Promosi(X3), dan Proses(X4) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan tabungan IB Titipan BDS (Y). Dari perhitungan Uji F diperoleh F hitung 31,999 dengan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Uji t diketahui bahwa secara parsial variabel produk(X1), Harga(X2), Promosi(X3), dan Proses(X4) berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan produk tabungan IB Titipan BDS. Dengan perhitungan t hitung, variabel produk sebesar 2,179 dengan tingkat signifikan 0,032 < 0,05, variabel harga sebesar 2,959 dengan tingkat signifikan 0,004 < 0,05, variabel promosi sebesar 2,483 dengan tingkat signifikan 0,015 < 0,05, variabel proses sebesar 4,815 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. Nilai R Adjusted Square (Koefisien Determinasi) yang diperoleh sebesar 0,556 atau 55,6% .