View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      EVALUASI IMPLEMENTASI KURIKULUM IMPLEMENTATIF TKA-TPA DI TPA MASJID PANGERAN DIPONEGORO BALAIKOTA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (39.09Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.165Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (8.682Mb)
      ABSTRACT (187.7Kb)
      BAB I (214.9Kb)
      BAB II (332.7Kb)
      BAB III (370.9Kb)
      BAB IV (795.1Kb)
      BAB V (194.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (97.88Kb)
      LAMPIRAN (512.1Kb)
      Date
      2017-05-16
      Author
      NOVIYANINGSIH, NOVIYANINGSIH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum implementatif TKA-TPA Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta, mengetahui implementasi kurikulum Implementatif TKA-TPA dan menjelaskan faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum Implementatif TKA-TPA di TPA Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Pendekatan penelitian evaluasi yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori model evaluasi CIPP. Informan dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu Informan kunci (key informan) dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini adalah wakil direktur bidang kurikulum dan ustadz/ustadzah sedangkan informan pendukungnya adalah direktur TPA Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum implementatif TKA-TPA Masjid Pangeran Diponegoro Balaikota Yogyakarta dalam penyusunannya berpedoman pada kurikulum implementatif TKA-TPA DIY. Berdasarkan evaluasi kurikulum menggunakan teori CIPP menunjukkan bahwa: struktur kurikulum implementatif sebagian sudah ada yang diimplementasikan dan ada yang belum serta di TPA Masjid Pangeran Diponegoro (MPD) menambahkan beberapa materi yang tidak terdapat di materi kurikulum implementatif TKA-TPA DIY. Di TPA MPD sudah menerapkan silabus dan belum menerapkan RPP. Ustadz/ah di TPA MPD sudah mempunyai buku panduan mengajar sedangkan para santri belum mempunyai buku panduan untuk proses pembelajaran sedangkan media di TPA MPD sudah bagus tetapi ustadz/ah jarang memakai saat proses pembelajaran. Kesibukan yang masih menjadi pelajar membuat ustadz/ah terkadang tidak berangkat mengajar sehingga membuat proses pembelajaran terhambat dan tidak maksimal sedangkan latar belakang santri TPA MPD berbeda yaitu dari sekolah negeri dan sekolah agama. Lulusan TPA Masjid Pangeran Diponegoro Komplek Balaikota Yogyakarta yaitu santri cenderung lulus dengan sendirinya. Faktor pendukung Implementasi Kurikulum Implementatif TKA-TPA Di TPA MPD adalah sarana dan prasarana yang memadai dan lingkungan belajar yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) Kehadiran ustadz/ah yang tidak konsisten, (b) perangkat pembelajaran RPP/perencanaan pembelajaran belum ada, (c) input santri yang berbeda latar belakang sekolah, (d) keterbatasan bahan ajar, dan (e) tingkat kehadiran santri yang tidak tetap.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10675
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV