View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KONSEP GAḌ AL- BAṢAR MENURUT TAFSIR AL-MARĀGI DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (187.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.571Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (218.4Kb)
      ABSTRACT (176.0Kb)
      BAB I (353.0Kb)
      BAB II (512.9Kb)
      BAB III (199.5Kb)
      BAB IV (1010.Kb)
      BAB V (258.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (229.7Kb)
      Date
      2017-05-20
      Author
      ROSYIDAH, AISYATUR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengkaji konsep gaḍ al-baṣar menurut penafsiran al-Marāgī 2) menganalisis kajian praktik konsep gaḍ al-baṣar berdasarkan penafsiran al-Marāgī dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data yang menggunakan dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif-analitis. Dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa al-Marāgī menafsirkan ayat-ayat mengenai gaḍ al-baṣar dengan begitu padat, lugas, sehingga tidak dipungkiri adanya penjelasan terhadap beberapa hal yang kurang mendalam. Adapun pengertian gaḍ al-baṣar menurut al-Marāgī adalah perintah untuk menundukkan pandangan terhadap seluruh hal-hal yang diharamkan Allah SWT untuk dilihat. Maka, objek gaḍ al-baṣar menurut al-Marāgī adalah seluruh hal yang diharamkan oleh Allah SWT untuk dilihat, yaitu yang dapat membangkitkan syahwat seksual manusia, termasuk aurat, foto, atau video berbau pornografi yang dapat dengan mudah diakses melalui jaringan internet, dan bukan hanya mengkhususkan penerapannya terhadap pergaulan nyata antar lawan jenis. Adapun relevansinya dengan pendidikan Islam adalah 1) dalam gaḍ al-baṣar terdapat prinsip pengembangan dan pengendalian potensi diri dari hawa nafsu yang relevan dengan konsep dasar pendidikan Islam 2) gaḍ al-baṣar relevan dengan tujuan pendidikan Islam, karena akan mendorong penyempurnaan fitrah manusia, yang menjadi tujuan pendidikan Islam 3) gaḍ al-baṣar merupakan bimbingan dan pendisiplinan rohani dan jasmani manusia, yang relevan sebagai cakupan dalam pendidikan Islam 4) gaḍ al-baṣar menjadi pendorong karakter model pembelajaran pendidikan Islam, yaitu model non ko-edukasi yang sudah diterapkan oleh Nabi SAW. Namun, relevansi konsep gaḍ al-baṣar dengan model pendidikan ko-edukasi lebih signifikan, karena lebih menuntut pemahaman dan pengaplikasian secara langsung dari konsep gaḍ al-baṣar 5) pemahaman gaḍ al-baṣar relevan ditekankan pada peserta didik saat menggunakan media pembelajaran dalam proses pendidikan, seperti menggunakan internet
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10682
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV