View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENDIDIKAN ANAK USIA PRA BALIGH

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (153.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.708Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (208.6Kb)
      ABSTRACT (86.30Kb)
      BAB I (231.6Kb)
      BAB II (325.1Kb)
      BAB III (177.2Kb)
      BAB IV (510.1Kb)
      BAB V (153.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (220.9Kb)
      Date
      2017-05-21
      Author
      SETIAWAN, EKO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik, serta mengkomparasikan antara keduanya, sehingga kita dapat mengetahui persamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dan psikologi behavioristik. Jenis penelitian ini adalah (library research) dengan pendekatan kualitatif, sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab-kitab hadis seperti kitab Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud, dan Musnad Imam Ahmad bin Hanbal serta buku Psikologi Umum, sedangkan sumber sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan pendidikan anak usia pra baligh diantaranya seperti buku Pendidikan Anak Pra Sekolah dan buku Prophet Parenting. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Secara spesifik. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi (documentary study). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesamaan dan perbedaan dalam pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi dengan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik. Adapun pendidikan anak usia pra baligh dalam hadis Nabi mempunyai empat pola pendidikan yaitu: pola pendidikan dengan pembiasaan, pendidikan dengan nasehat, pendidikan dengan keteladanan dan pendidikan dengan hukuman, sedangkan pendidikan anak usia pra baligh dalam psikologi behavioristik mempunyai dua pola pendidikan yaitu: pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment), serta pendidikan dengan lingkungan. Adapun kesamaan dari keduanya terletak pada pola pendidikan dengan ganjaran dan hukuman (reward and punishment) serta pola pendidikan dengan lingkungan, namun pendidikan dengan hukuman yang terdapat dalam hadis Nabi kurang singkron dengan tidak adanya pendidikan dengan hadiah atau penghargaan. sedangkan perbedaan dari keduanya terletak pada pendidikan dengan nasehat dan pendidikan dengan keteladanan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10684
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV