View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH MEDIA VIDEO DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IBADAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI, SLEMAN, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (26.60Kb)
      HALAMAN JUDUL (674.3Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (469.1Kb)
      ABSTRACT (145.8Kb)
      BAB I (167.7Kb)
      BAB II (298.1Kb)
      BAB III (347.7Kb)
      BAB IV (597.5Kb)
      BAB V (90.32Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (86.47Kb)
      LAMPIRAN (2.724Mb)
      Date
      2017-04-19
      Author
      AMATULLAH, AZHAR HAMIDAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan media video pada mata pelajaran Ibadah di kelas eksperimen; 2) penerapan media video dapat meningkatan minat belajar dan prestasi belajar di kelas; 3) ada perbedaan yang signifikan minat belajar dan prestasi belajar mata pelajaran Ibadah antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control group design pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 30 siswa untuk kelas eksperimen dan 30 siswa untuk kelas kontrol. Metode pengumpulan data ini menggunakan test, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data uji normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat dan uji hipotesis digunakan uji –T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media video dalam proses belajar pada mata pelajaran ibadah di kelas eksperimen berdasarkan hasil perhitungan skor dan kategori nilai minat belajar dan prestasi belajar dapat dikatakan baik. Berdasarkan hasil perhitungan dari nilai rata-rata post-angket minat belajar 39,33 dan berdasarkan nilai rata-rata prestasi belajar sebesar 60,67 2) penerapan media video dapat meningkatkan minat belajar dan prestasi belajar berdasarkan hasil dari nilai rata-rata minat belajar sebelum diberi perlakuan 37,03 dan sesudah diberi perlakuan 39,33 dan nilai rata-rata prestasi belajar sebelum diberi perlakuan 45,30 dan sesudah diberi perlakuan sebesar 60,67 3) ada perbedaan yang signifikan minat belajar dan prestasi belajar dengan menggunaan media video dan metode konvensional diperoleh hasil taraf signifikan prestasi belajar 0,002 < 0,05 dan taraf signifikan minat belajar 0,003 < 0,05. Hasil ini menunjukan bahwa ada perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10687
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV