View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Japanese Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KEEFEKTIFAN FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JEPANG

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (154.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (484.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (267.1Kb)
      ABSTRACT (159.3Kb)
      BAB I (161.4Kb)
      BAB II (307.3Kb)
      BAB III (365.7Kb)
      BAB IV (152.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (185.7Kb)
      LAMPIRAN (3.812Mb)
      Date
      2017-07
      Author
      NUGROHO, EKO NOVIANTO
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Kurangnya penguasaan kosakata dikalangan siswa merupakan suatu hambatan untuk bisa berbahasa Jepang dengan baik. Media berperan penting untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa. Pemilihan media yang baik menjadi salah satu faktor keberhasilan siswa dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang. Dalam hal ini peneliti ingin membantu siswa dalam menguasai kosakata dengan menggunakan flashcard. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui keefektifan flashcard untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang kelas X SMAN 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 15 siswa yang diajarkan dengan menggunakan buku Minna No Nihongo Shokyuu 1 dan siswa kelas MIA 6 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 15 yang diajarkan dengan menggunakan flashcard. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dimana data diperoleh dengan cara memberikan tes berupa pretest dan posttest, catatan lapangan, dan memberikan angket kepada responden. Hasil nilai tes dianalisis dengan menggunakan SPSS 19 khususnya independent sample t-test yang digunakan untuk mengetahui signifikansi nilai rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil dari independent sample t-test menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (9,393 > 6,920). Hasil t-hitung sebesar 8,268 lebih besar dibandingkan degan t-tabel yang besarnya 0,514 untuk taraf signifikansi 5%. Perhitungan menggunakan normalized gain menunjukka rata-rata nilai gain pada kelas eksperimen adalah 1,00 dan rata-rata nilai gain pada kelas kontrol adalah 0,61. Maka hipotesis alternatif dalam penelitian ini terbukti yang berarti penggunaan flashcard efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017. Pembelajaran menggunakan flashcard membuat siswa tertarik untuk belajar kosakata bahasa Jepang. Selain itu, respons siswa terhadap pembelajaran kosakata menggunakan flashcard sangat baik. Jadi flashcard efektif untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10747
      Collections
      • Department of Japanese Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV