View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE DAN MATERI LUQMAN AL-HAKIM DALAM MENDIDIK ANAK DI KAMPUNG NULIS TAMANTIRTO KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (165.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (903.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (15.89Mb)
      ABSTRACT (142.5Kb)
      BAB I (262.3Kb)
      BAB II (482.5Kb)
      BAB III (255.4Kb)
      BAB IV (954.9Kb)
      BAB V (248.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (354.6Kb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      YANSYAH, FADRI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode dan materi Luqman Al-Hakim dalam mendidik anak di Nulis Tamantirto Kasihan Bantul Yogyakarta, dan apa saja kendala yang dirasakan ketika dalam menerapkan metode dan materi Luqman Al-Hakim dan mengetahui hasil dari penerapan materi dan metode Luqman Al-Hakim dalam mendidik anak. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik Miles Hulberman yaitu mengumpulkan semua data, klasifikasi data, reduksi data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang didapat bahwa: (1) penerapan yang dilakukan orang tua dalam menerapkan materi Luqman Al-Hakim adalah dilakukan dengan secara bertahap dan tidak sekaligus diterapkan kepada anaknya, materi yang digunakan hanya tiga dari kelima materi yang diajarkan Luqman di antaranya adalah, materi aqidah, akhlaq dan ibadah. Metode yang sering digunakan adalah metode teladan dan nasihat, karena metode teladan dan nasihat baik diterapkan dalam mendidik anak. (2) kendala yang dirasakan dalam penerapan materi dan metode Luqman Al-Hakim adalah dapat dilihat dari faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal misalnya lingkungan tempat anak bermain dan dari media sosial. Sedangkan faktor internal adalah dari sarana dan prasarana dalam mengajarkan kepada anak. (3) Hasil yang didapat dari penerapan materi dan metode Luqman Al-Hakim dapat dilihat dari beberapa faktor diantaranya adalah akhlaq dan ibadah faktor akhlaq misalnya anak semakin patuh kepada orang tua dan semakin disiplin dalam belajar sedangkan dalam ibadah anak semakin rajin shalat berjamaah di masjid.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10763
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV