PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HARGA DIRI MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA
Abstract
Latar Belakang : Hasil Belajar merupakan salah satu indikator dari pencapaian
tujuan belajar. Pencapaian tujuan belajar akan didukung oleh penerapan metode
pembelajaran yang tepat. Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu
metode pembelajaran inovatif yang melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran.
Terdapat lima pokok elemen pembelajaran cooperative jigsaw yang dapat
meningkatkan ketrampilan interpersonal mahasiswa, harga diri serta motivasi.
Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh cooperative learning terhadap hasil
belajar dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta.
Metode Penelitian : Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperimen rancangan
pretes postest with control group design. Penelitian dilakukan Januari - Maret 2017,
subyek penelitian yaitu mahasiswa Stikes Surya Global semsseter 2 dengan total
sampling, dan jumlah responden sebanyak 221 mahasiswa. Analisis data
menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test
Hasil Penelitian : Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah dilakukan
intervensi metode pembelajaran cooperative learning dengan P 0.000 untuk variabel
hasil belajar kognitif dan nilai P 0.000 untuk variabel harga diri
Kesimpulan : Cooperative Learning Tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar
mahasiswa dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta .