View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN HARGA DIRI MAHASISWA STIKES SURYA GLOBAL YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (163.2Kb)
      BAB I (127.4Kb)
      BAB II (202.6Kb)
      BAB III (165.5Kb)
      BAB IV (218.4Kb)
      COVER (66.19Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (113.3Kb)
      HALAMAN JUDUL (162.9Kb)
      BAB V (82.69Kb)
      LAMPIRAN (109.4Kb)
      LAMPIRAN (198.8Kb)
      Date
      2017-05-02
      Author
      PURNAMASARI, VITA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang : Hasil Belajar merupakan salah satu indikator dari pencapaian tujuan belajar. Pencapaian tujuan belajar akan didukung oleh penerapan metode pembelajaran yang tepat. Cooperative Learning tipe Jigsaw merupakan salah satu metode pembelajaran inovatif yang melibatkan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Terdapat lima pokok elemen pembelajaran cooperative jigsaw yang dapat meningkatkan ketrampilan interpersonal mahasiswa, harga diri serta motivasi. Tujuan Penelitian : Mengetahui pengaruh cooperative learning terhadap hasil belajar dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta. Metode Penelitian : Desain penelitian menggunakan Quasy Eksperimen rancangan pretes postest with control group design. Penelitian dilakukan Januari - Maret 2017, subyek penelitian yaitu mahasiswa Stikes Surya Global semsseter 2 dengan total sampling, dan jumlah responden sebanyak 221 mahasiswa. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney Test Hasil Penelitian : Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol setelah dilakukan intervensi metode pembelajaran cooperative learning dengan P 0.000 untuk variabel hasil belajar kognitif dan nilai P 0.000 untuk variabel harga diri Kesimpulan : Cooperative Learning Tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan harga diri mahasiswa Stikes Surya Global Yogyakarta .
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10781
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV