View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      INTEGRASI METODE DEMONSTRASI DAN AUDIOVISUAL TERHADAP PENINGKATAN PSIKOMOTOR PADA PEMBELAJARAN SKILLS LABORATORY

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (101.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (147.6Kb)
      HALAMAN JUDUL (376.2Kb)
      ABSTRAK (102.7Kb)
      BAB I (149.1Kb)
      BAB II (178.1Kb)
      BAB III (179.5Kb)
      BAB III (179.5Kb)
      BAB IV (130.3Kb)
      BAB V (151.6Kb)
      BAB VI (105.1Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (86.12Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (403.1Kb)
      LAMPIRAN (7.259Mb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      ASTUTI, RATNA KUSUMA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Metode pembelajaran memegang peranan penting dalam proses pendidikan. Pada pembelajaran skills laboratory dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat sehingga pemahaman aplikasi dari pokok bahasan yang disampaikan dapat dicapai oleh peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan psikomotor melalui integrasi metode demonstrasi dan audiovisual pada pembelajaran skills laboratory. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimental design dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II di Akper Insan Husada Surakarta. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah teknik total sampling dan teknik simple random sampling. Sampel dibagi menjadi 2 kelompok, 45 mahasiswa untuk kelompok intervensi (kelas A) dan 45 mahasiswa untuk kelompok kontrol (kelas B). Hasil penelitian berdasarkan uji statistik t-test pada data pre tes - post tes kelompok intervensi maupun kelompok kontrol keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih sebesar 0,000 dan 0,000 < 0,05. Pada data post tes keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih sebesar 0,010 dan 0,001 < 0,05. Nilai rerata post tes keterampilan pemasangan infus dan perawatan luka bersih pada kelompok intervensi 84,31 dan 83,55 lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol 81,91 dan 80,17. Kesimpulan dari penelitian adalah integrasi metode demonstrasi dan audiovisual dapat meningkatkan kemampuan psikomotor pada pembelajaran skills laboratory.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10786
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV