View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH PENERAPAN METODE OSCE TERHADAP KESIAPAN DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PADA PRAKTEK KLINIK DI STIKES KEPANJEN KEBUPATEN MALANG

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (346.7Kb)
      BAB I (551.4Kb)
      BAB II (692.2Kb)
      BAB III (541.6Kb)
      BAB IV (455.7Kb)
      BAB V (518.8Kb)
      BAB VI (399.5Kb)
      COVER (222.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (425.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (395.1Kb)
      LAMPIRAN (2.809Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (862.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (1.367Mb)
      Date
      2017-05-27
      Author
      MUHAMMAD, ZULFIKAR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Proses pembelajaran dalam keperawatan terdiri dari klasikal dan praktik klinis. Perpindahan dari pembelajaran klasikal ke praktik klinis perlu dilakukan persiapan. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan adalah OSCE (Objective Structured Clinical Examination). Tujuan dari penelitian ini mengetahui pengaruh metode OSCE terhadap kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa Prodi S1 STIKes Kepanjen. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasy eksperimental, dan dengan pendekatan pretest-posttest design with control group. Penelitian ini membandingkan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa saat pretest dan posttest dilakukan setelah responden melakukan praktik klinik menggunakan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kesiapan pada responden yang diuji dengan metode OSCE sebesar 61.69 dengan signifikansi 0.00 sedangkan responden yang diuji dengan konvensional nilai rata-rata 56.8 dengan signifikansi 0.148. Dan nilai rata-rata motivasi belajar pada responden dengan metode OSCE sebesar 147.8 dengan signifikansi 0.00, sedangkan responden yang diuji dengan konvensional sebesar 135.8 dengan signifikansi 0.006. Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa terjadi peningkatan kesiapan dan motivasi belajar mahasiswa S1 STIKes Kepanjen yang diuji menggunakan metode OSCE lebih tinggi dibandingkan dengan metode non OSCE.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10830
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV