View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH INTERVENSI EDUKASI TENTANG SELF MANAGEMENT LATIHAN PURSED LIPS BREATHING TERHADAP EFIKASI DIRI DAN PEAK EXPIRATORY FLOW RATE PASIEN PPOK

      Thumbnail
      View/Open
      ABSTRAK (48.68Kb)
      BAB I (131.3Kb)
      BAB II (294.2Kb)
      BAB III (240.7Kb)
      BAB IV (1.022Mb)
      BAB V (11.37Kb)
      COVER (23.45Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (999.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (349.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (603.4Kb)
      Date
      2017-04-12
      Author
      SUPRAYITNO, EMDAT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) merupakan masalah utama kesehatan masyarakat di dunia. Sesak nafas adalah masalah utama pasien PPOK. Pasien PPOK mengalami masalah dan penurunan nilai peak expiratory flow rate (PEF) serta penurunan kepercayaan terhadap kemampuan melakukan perawatan diri. Intervensi yang dapat dilakukan pada pasien PPOK adalah edukasi tentang self management dan latihan nafas dengan pursed lips breathing (PLB). Tujuan: Mengetahui pengaruh intervensi edukasi tentang self management dan latihan pursed lips breathing terhadap efikasi diri dan peak expiratory flow rate (PEF) pasien PPOK. Metode: Desain penelitian true experiment, pretest – post test design with control group. Sampel berjumlah 30 responden dengan random sampling. Kelompok perlakuan 15 responden diberikan edukasi self management 1x seminggu selama 4 minggu dan latihan PLB dilakukan 3x seminggu selama 4 minggu. Kelompok kontrol 15 responden hanya mendapatkan terapi standar pengobatan dari rumah sakit. Analisis menggunakan uji paired t test dan independent t test. Hasil: Hasil uji paired t test kelompok perlakuan skor efikasi diri p= 0.000 dan nilai PEF p=0.000. Hasil uji paired t test kelompok kontrol pada skor efikasi diri p= 0900 dan nilai PEF p=0.334. Hasil uji independent t test kelompok perlakuan dan kontrol pada skor efikasi diri p= 0.000 dan nilai PEF p= 0.637. Hasil uji independent t test selilisih (delta) rata-rata skor efikasi diri p=0.000 dan nilai PEF p=0.000. Kesimpulan: Terdapat pengaruh edukasi self management dan latihan pursed lips breathing terhadap peningkatan skor efikasi diri dan nilai PEF. Terdapat perbedaan skor efikasi diri pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol namun tidak terdapat perbedaan nilai PEF pada kelompok perlakuan dan kelompok kontrol setelah intervensi edukasi self management dan latihan PLB. Intervensi self management dan latihan PLB efektif meningkatkan skor efikasi diri dan nilai PEF pada psien PPOK.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10859
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV