View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Nursing
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTURE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBUAT ASUHAN KEPERAWATAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (55.00Kb)
      HALAMAN JUDUL (544.1Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (142.0Kb)
      ABSTRAK (103.1Kb)
      BAB I (202.7Kb)
      BAB II (430.1Kb)
      BAB III (326.5Kb)
      BAB IV (228.2Kb)
      BAB V (98.84Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (189.9Kb)
      LAMPIRAN (1.693Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (263.0Kb)
      Date
      2017-04-26
      Author
      IXORA, IXORA
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      LatarBelakang : Kualitas pendidikan dapat ditingkatkan melalui perbaikan proses pembelajaran dari teacher centered learning ke student centered learning. Metode contextual teaching learning model problem based instructure yang mengkaitkan isi pelajaran dengan lingkungan sekitar atau dunia nyata sehingga membuat pelajaran lebih bermakna dan dapat meningkatkan kemampuan dalam membuat Asuhan Keperawatan. Keberhasilan metode contextual teaching learning model problem based instructure dipengaruhi oleh tahapan struktur yang terdapat dalam metode CTL model PBI. TujuanPenelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran CTL model PBI terhadap kemampuan membuat Asuhan Keperawatan. Metode Penelitian : jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain quasi experimental (eksperimensemu), pendekatan pre-test dan post-test with control group. Teknik sampel dengan total sampling yaitu 80 mahasiswa, 40 mahasiswa sebagai kelompok control dan 40 mahasiswa sebagai kelompok intervensi. Instrumen yang dipakai adalah format asuhan keperawatan dan Rubrik penilaian Askep. Hasil penelitian diuji dengan paired sample t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian : nilai rata-rata pre-test kemampuan membuat asuhan keperawatan pada kelompok intervensi 72.45 dan pada kelompok kontrol 68,03 sedangkan rata-rata nilai post test menggunakan metode CTL model PBI pada kelompok intervensi 81.48 dan pada kelompok kontrol 73.25, ada perbedaan nilai rata-rata. Kesimpulan : ada pengaruh yang signifikan metode CTL model PBI dalam meningkatkan kemampuan membuat asuhan keperawatan
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10884
      Collections
      • Master of Nursing

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV