View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Social and Political Science
      • Department of Communication Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      STRATEGI POSITIONING RADIO SWARAGAMA 101.7 FM

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (107.4Kb)
      HALAMAN JUDUL (824.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (825.4Kb)
      ABSTRACT (181.1Kb)
      BAB I (395.4Kb)
      BAB II (537.9Kb)
      BAB III (1.600Mb)
      BAB IV (194.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (87.41Kb)
      LAMPIRAN (211.8Kb)
      Date
      2017-04-28
      Author
      SETIAWAN, WAWAN
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Swaragama FM merupakan radio swasta di Yogyakarta yang memiliki tagline The Soundtrack of Your Life. Swaragama FM merupakan radio yang menjangkau usia muda hingga dewasa yang menjadikannya radio dengan skala pendengar yang luas dan menjadi top 3 radio di Yogyakarta. Dengan jam siaran 24 jam nonstop, membuat Swaragama FM menjadi pilihan pendengar yang mayoritasnya berusia 20-24 tahun. Melalui metode deskriptif kualitatif penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi positioning yang dijalankan oleh Swaragama FM. Adapun data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, positioning yang dijalankan Radio Swaragama FM mencakup 3 aspek yaitu program, musik dan penyiar. Ketiga hal tersebut harus sesuai dengan kalimat positioning yang ada yaitu The Soundtrack of your Life, yang mengharuskan Swaragama FM untuk menyesuaikan dengan keseharian pendengarnya serta mengatur alur lagu agar bisa dinikmati tidak hanya oleh usia 15-25 tahun saja namun juga hingga usia 26-35 tahun. Selain itu, penyiar di Swaragama FM diharuskan untuk bisa menyesuaikan aktivitas keseharian pendengar, dan tentunya penyiar harus memahami teknik-teknik siaran yang baik serta gaya bahasa yang ringan yang mudah dipahami pendengar. Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa Swaragama FM dalam strategi positioningnya mengutamakan pendengar sebagai acuan baik dalam proses programming, pemilihan musik serta teknik dan gaya bahasa penyairnya. Kalimat positioning yang dibangun oleh Swaragama FM yaitu The Soundtrack Of your Life mampu diaplikasikan oleh Swaragama FM dengan menggunakan 3 aspek yaitu program, lagu dan penyiar.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10890
      Collections
      • Department of Communication Science

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV