dc.contributor.advisor | WAHYU WIDODO | |
dc.contributor.advisor | MUCHLISIN | |
dc.contributor.author | SYURANY, PUTRI NUR SHOLEKHA | |
dc.date.accessioned | 2017-06-14T02:01:30Z | |
dc.date.available | 2017-06-14T02:01:30Z | |
dc.date.issued | 2017-03-20 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10953 | |
dc.description.abstract | Pertumbuhan penduduk setiap tahunnya menyebabkan dampak yaitu
semakin dibutuhkannya sarana dan prasarana transportasi. Di kota Yogyakarta
akan dibangun satu sarana yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yaitu Underpass
yang berada di jalan Panembahan Senopati depan Taman Pintar Yogyakarta.
Pembangunan Underpass akan menimbulkan dampak lalulintas yaitu kemacetan
di persimpangan sekitar konstruksi akibat ditutupnya Jalan Panembahan Senopati
sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan simulasi pemodelan pada
Simpang 0 km, Simpang Brig. Jend. Katamso, Simpang Abu Bakar Ali pada kondisi
ekstisting dan pemodelan saat penutupan Jalan Panembahan Senopati. Pemodelan
ini menggunakan Software PTV. Vissim 9.0 Student Version, Serta memberikan
solusi yang tepat untuk dampak yang timbul akibat dari penutupan Jalan
Panembahan Senopati.
Dari hasil simulasi menggunakan Sofware PTV Vissim 9.0 pada Simpang 0
km diketahui bahwa panjang antrian pada kondisi eksisting rata-rata 30.9 m
dengan tingkat LOS_D dan kondisi penutupan rata-rata antrian 32.5 m dengan
tingkat LOS_F, simpang Senopati panjang antrian pada kondisi eksisting rata-rata
43.32 m dengan tingkat LOS_E dan pada kondisi penutupan rata-rata antrian
26.07 m dengan tingkat LOS_F, simpang Brig.Jend.Katamso panjang antrian pada
kondisi eksisting rata-rata 14.11 m dengan tingkat LOS_C dan kondisi penutupan
rata-rata antrian 65.94 m dengan tingkat LOS_E, simpang Abu Bakar Ali panjang
antrian pada kondisi eksisting rata-rata 28.11 m dengan tingkat LOS_F dan pada
kondisi penutupan rata-rata antrian 28.89 m dengan tingkat LOS_F. Saran yang
dapat diberikan yaitu dengan memberikan informasi pada pengguna jalan bahwa
jalan Panembahan Senopati ditutup sehingga pengguna jalan dapat menggunakan
alternatif jalan lain. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pertumbuhan penduduk setiap tahunnya menyebabkan dampak yaitu
semakin dibutuhkannya sarana dan prasarana transportasi. Di kota Yogyakarta
akan dibangun satu sarana yang diperuntukkan bagi pejalan kaki yaitu Underpass
yang berada di jalan Panembahan Senopati depan Taman Pintar Yogyakarta.
Pembangunan Underpass akan menimbulkan dampak lalulintas yaitu kemacetan
di persimpangan sekitar konstruksi akibat ditutupnya Jalan Panembahan Senopati
sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna jalan.
Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan simulasi pemodelan pada
Simpang 0 km, Simpang Brig. Jend. Katamso, Simpang Abu Bakar Ali pada kondisi
ekstisting dan pemodelan saat penutupan Jalan Panembahan Senopati. Pemodelan
ini menggunakan Software PTV. Vissim 9.0 Student Version, Serta memberikan
solusi yang tepat untuk dampak yang timbul akibat dari penutupan Jalan
Panembahan Senopati.
Dari hasil simulasi menggunakan Sofware PTV Vissim 9.0 pada Simpang 0
km diketahui bahwa panjang antrian pada kondisi eksisting rata-rata 30.9 m
dengan tingkat LOS_D dan kondisi penutupan rata-rata antrian 32.5 m dengan
tingkat LOS_F, simpang Senopati panjang antrian pada kondisi eksisting rata-rata
43.32 m dengan tingkat LOS_E dan pada kondisi penutupan rata-rata antrian
26.07 m dengan tingkat LOS_F, simpang Brig.Jend.Katamso panjang antrian pada
kondisi eksisting rata-rata 14.11 m dengan tingkat LOS_C dan kondisi penutupan
rata-rata antrian 65.94 m dengan tingkat LOS_E, simpang Abu Bakar Ali panjang
antrian pada kondisi eksisting rata-rata 28.11 m dengan tingkat LOS_F dan pada
kondisi penutupan rata-rata antrian 28.89 m dengan tingkat LOS_F. Saran yang
dapat diberikan yaitu dengan memberikan informasi pada pengguna jalan bahwa
jalan Panembahan Senopati ditutup sehingga pengguna jalan dapat menggunakan
alternatif jalan lain. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | PERTUMBUHAN PENDUDUK | en_US |
dc.subject | SOFTWARE PTV VISSIM 9.0 STUDENT VERSION | en_US |
dc.title | PEMODELAN LALU LINTAS AKIBAT KEGIATAN PEMBANGUNAN UTILITAS MALIOBORO DENGAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS : SIMPANG 0 KM, SIMPANG PANEMBAHAN SENOPATI, SIMPANG BRIGJEND KATAMSO, SIMPANG ABU BAKAR ALI YOGYAKARTA) | en_US |
dc.type | Thesis | en_US |