dc.contributor.author | RAHMAWATI, ELSA DIANA | |
dc.date.accessioned | 2017-06-14T04:06:26Z | |
dc.date.available | 2017-06-14T04:06:26Z | |
dc.date.issued | 2017-05-15 | |
dc.identifier.uri | http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/10986 | |
dc.description.abstract | Gerusan lokal merupakan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan morfologi sungai dan akibat bangunan-bangunan air buatan manusia seperti pilar jembatan yang dapat mempengaruhi aliran air pada dasar sungai dan juga kestabilan terhadap pilar. Pilar merupakan bagian dari struktur jembatan yang berfungsi sebagai penerus beban dari struktur atas jembatan menuju pondasi. Dan apabila kestabilan pilar teganggu maka distribusi beban yang terjadi akan terganggu.
Pada penelitian ini simulasi dibuat dengan mengunakan metode Froehlich yang dibuat oleh Dr. David Froehlich pada tahun 1991 pada software HEC-RAS 5.0.3 yang dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), dibawah US Army Corps of Engineers (USAGE) yang merupakan`software dengan model satu dimensi aliran permanen (steady flow) dan aliran tak permanen (unsteady flow). Studi ini dilakukan analisis pada aliran permanen (steady flow) dengan aliran subkritik dan superkritik serta bentuk pilar belah ketupat dan kapsul yang dibandingkan dengan analisis gerusan yang dilakukan secara penelitian (eksperimen).
Berdasarkan studi yang telah dilakukan dengan menganalisis data yang berupa data geometri, koefisien manning, serta faktor koreksi terhadap pilar didapatkan hasil yang paling mendekati dengan kondisi gerusan secara eksperimen adalah dengan memodifikasi nilai faktor koreksi yang ada pada persamaan Froehlich dengan nilai pada pilar belah ketupat sebesar 2.2 dengan nilai kedalaman gerusan 0.034 m untuk aliran subkritik dan 1.6 dengan nilai kedalaman gerusan 0.025 m untuk aliran superkritik serta pada pilar kapsul sebesar 2.8 dengan nilai kedalaman gerusan 0.044 m untuk aliran subkritik dan 2.1 dengan nilai kedalaman gerusan 0.033 m untuk aliran superkritik. | en_US |
dc.description.sponsorship | Gerusan lokal merupakan fenomena alam yang terjadi akibat perubahan morfologi sungai dan akibat bangunan-bangunan air buatan manusia seperti pilar jembatan yang dapat mempengaruhi aliran air pada dasar sungai dan juga kestabilan terhadap pilar. Pilar merupakan bagian dari struktur jembatan yang berfungsi sebagai penerus beban dari struktur atas jembatan menuju pondasi. Dan apabila kestabilan pilar teganggu maka distribusi beban yang terjadi akan terganggu.
Pada penelitian ini simulasi dibuat dengan mengunakan metode Froehlich yang dibuat oleh Dr. David Froehlich pada tahun 1991 pada software HEC-RAS 5.0.3 yang dibuat oleh Hydrologic Engineering Center (HEC) Hydrologic Engineering Center (HEC) yang merupakan satu divisi di dalam Institute for Water Resources (IWR), dibawah US Army Corps of Engineers (USAGE) yang merupakan`software dengan model satu dimensi aliran permanen (steady flow) dan aliran tak permanen (unsteady flow). Studi ini dilakukan analisis pada aliran permanen (steady flow) dengan aliran subkritik dan superkritik serta bentuk pilar belah ketupat dan kapsul yang dibandingkan dengan analisis gerusan yang dilakukan secara penelitian (eksperimen).
Berdasarkan studi yang telah dilakukan dengan menganalisis data yang berupa data geometri, koefisien manning, serta faktor koreksi terhadap pilar didapatkan hasil yang paling mendekati dengan kondisi gerusan secara eksperimen adalah dengan memodifikasi nilai faktor koreksi yang ada pada persamaan Froehlich dengan nilai pada pilar belah ketupat sebesar 2.2 dengan nilai kedalaman gerusan 0.034 m untuk aliran subkritik dan 1.6 dengan nilai kedalaman gerusan 0.025 m untuk aliran superkritik serta pada pilar kapsul sebesar 2.8 dengan nilai kedalaman gerusan 0.044 m untuk aliran subkritik dan 2.1 dengan nilai kedalaman gerusan 0.033 m untuk aliran superkritik. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.subject | GERUSAN LOKAL | en_US |
dc.subject | HEC-RAS 5.0.3 | en_US |
dc.subject | FROEHLICH | en_US |
dc.subject | EKSPERIMEN | en_US |
dc.title | ANALISIS GERUSAN LOKAL PADA PILAR JEMBATAN MENGGUNAKAN METODE FROEHLICH (STUDI KASUS PILAR BELAH KETUPAT DAN KAPSUL PADA ALIRAN SUBKRITIK DAN SUPERKRITIK) | en_US |
dc.type | Thesis
SKR
F T
269 | en_US |