STRATEGI KAMPANYE PUBLIC RELATIONS HUMAS PEMERINTAH KABUPATEN KULON PROGO DALAM PROGRAM “BELA BELI KULON PROGO”
Abstract
Kabupaten Kulon Progo merupakan Kabupaten termiskin di Daerah Istimewa Yogyakarta pada tahun 2011 dengan persentase sebesar 23,32%. Berkat program “Bela Beli Kulon Progo”, kemiskinan di Kabupaten Kulon Progo turun menjadi sebesar 22.5% pada tahun 2013, 16,74% pada tahun 2014, dan pada tahun 2015 turun menjadi 13,1%. Sukses program “Bela Beli Kulon Progo” tak lepas dari peran Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam melakukan kampanye public relations untuk memberikan pemahaman, pengertian, dan edukasi kepada masyarakat mengenai program “Bela Beli Kulon Progo”, yaitu “Membela Kulon Progo dengan Membeli Produk Kulon Progo”.
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Kepala Bagian Humas dan TI Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Kasubag Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dan masyarakat Kulon Progo. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye public relations Humas Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dalam program “Bela Beli Kulon Progo”, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan (aksi), dan evaluasi. Media publikasi humas yang digunakan dalam proses kampanye terdiri dari media pers, radio, televisi, pameran (exhibition), bahan-bahan cetakan (printed material), pesan-pesan lisan (spoken word), dan bentuk media public relations lainnya, yaitu new media. Pesan yang disampaikan merupakan pesan yang sederhana, praktis, mudah dipahami, mudah diingat, sehingga sekali mendengar atau membaca masyarakat akan menangkap intinya, yaitu “Bela Kulon Progo, Beli Produk Kulon Progo”. Dalam pesan tersebut terdapat proses edukasi bahwa sangat penting untuk membela dengan cinta dan bangga pada produk lokal Kulon Progo dan persuasi yaitu mengajak masyarakat untuk membela Kulon Progo dengan membeli produk asli Kulon Progo.