View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH VARIASI TIMING INJECTION DAN TIMING PENGAPIAN DENGAN MENGGUNAKAN ECU BRT JUKEN 3 TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 110 CC BAHAN BAKAR PERTALITE

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (134.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (282.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (505.4Kb)
      INTISARI (7.693Kb)
      BAB I (99.86Kb)
      BAB II (1.054Mb)
      BAB III (844.2Kb)
      BAB IV (513.1Kb)
      BAB V (87.46Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (185.1Kb)
      LAMPIRAN (701.0Kb)
      Date
      2017-04-29
      Author
      ANAHDI, NUNU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Dengan perkembangannya ilmu teknologi membuat manusia untuk menciptakan hal baru dalam teknologi seperti ECU ( Electronic Control Unit) racing yang dimana sangat bermanfaat bagi pengguna atau juga digunakan untuk balapan motor karena mampu meningkatkan performa pada mesin sepeda motor. Pada motor injeksi ialah ECU secara umum berfungsi untuk melakukan optimasi kerjanya mesin kendaraan. ECU ini memiliki beberapa fungsi yaitu : Injector Timing (IT), Ignition Timing (IGT) dan mengontrol pasokan bahan bakar, oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi ECU terhadap kinerja motor bensin 4 langkah. Pengujian daya dilakukan untuk mengetahui perbandingan daya kerja mesin 4 langkah 110cc dengan variasi ECU Standar, ECU BRT (Standar), ECU BRT (Performa), ECU BRT (Efesiensi) dan Remote Programmer (I-MAX) berfungsi untuk merubah IT, IGT pada ECU BRT Menggunakan putaran mesin 4000 s.d. 9000 rpm dengan mesin standar Beat FI. Hasil pengujian kinerja mesin untuk kondisi standar, pada kondisi standar menggunakan ECU Standar daya diperoleh 8,3 HP pada putaran mesin 5083 rpm dan torsi diperoleh 12,35 Nm pada putaran mesin 4421 rpm dan untuk konsumsi bahan bakar diperoleh 51,02 km/liter, untuk Performa dihasilkan dengan daya sebesar 8,7 HP pada putaran mesin 4756 rpm dengan torsi sebesar 13,51 Nm pada putaran mesin 4508 rpm, pada settingan Efisiensi mendapatkan daya 8,4 HP namun suara mesin terasa sangat kering cenderung agak kasar dan ketika setelah diuji mesin terasa sangat panas dan fan radiator langsung menyala. Dari pengujian kinerja mesin daya terbesar diperoleh dengan menggunakan ECU BRT (Performa) dengan daya sebesar 8,7 HP pada putaran mesin 4756 rpm. Torsi yang terbesar diperoleh juga oleh ECU BRT (Performa) sebesar 13,51 Nm, untuk pemakaian lebih baik menggunakan settingan performa karena suara mesin lebih bersih dan lampu fan radiator tidak menyala, hanya saja pemasukan bahan bakarnya lebih banyak karena pemasukan bahan bakar 5%.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11092
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV