View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI 2 JENIS MAGNET DAN VARIASI 6 JENIS BUSI TERHADAP KARAKTERISTIK PERCIKAN BUNGA API KINERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH 113 CC BERBAHAN BAKAR PERTAMAX

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (108.9Kb)
      HALAMAN JUDUL (203.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (305.4Kb)
      ABSTRACT (83.63Kb)
      BAB I (91.36Kb)
      BAB II (877.8Kb)
      BAB III (835.7Kb)
      BAB IV (1.162Mb)
      BAB V (85.52Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (152.7Kb)
      Date
      2017-01-31
      Author
      HARJANTO, PUNGKI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pesatnya perkembangan dunia otomotif diikuti oleh kebutuhan manusia terhadap transportasi. Terdapat berbagai macam alat transportasi di Indonesia diantaranya adalah sepeda motor. Sistem pengapian pada sepeda motor berperan sebagai pengatur pada proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder pada saat langkah terakhir kompresi. Banyak bidang otomotif yang melakukan modifikasi dengan penggantian komponen seperti magnet bubutan dan berbagai busi agar pembakaran yang dihasilkan lebih besar dan menghasilkan percikan bunga api lebih besar. Pengujian dilakukan dengan menggunakan motor bensin 4 langkah 113 cc dengan penggunaan variasi magnet standar, magnet bubutan, busi standar, busi G-Power, busi Iridium, busi 3 elektroda, busi panas dan busi dingin. Pengujian dilakukan dengan alat uji percikan bunga api busi, dynotest dan bahan bakar spesifik. Parameter yang dicari adalah percikan bunga api, daya, torsi dan konsumsi bahan bakar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada pengujian karakteristik percikan bunga api, pada kombinasi magnet standar dengan busi NGK G-Power menghasilkan bunga api yang besar dengan warna biru merata nilai temperatur sebesar 12.000 K. Daya terbesar dihasilkan pada kombinasi magnet bubutan dengna busi DENSO Iridium dengan besar daya yang dihasilkan 8,0 HP. Torsi terbesar dihasilkan pada kombinasi magnet standar dengan busi NGK dingin dengan besar torsi yang dihasilkan 10,30 N.m, konsumsi bahan bakar terendah dihasilkan pada kombinasi pengunaan magnet bubutan dengan busi DENSO standar sebesar 0,420 km/l.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11104
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV