View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Vocational Final Project
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PERANCANGAN RANGKA SEPEDA BAMBU MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS 2017

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (119.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (406.3Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (968.8Kb)
      ABSTRACT (100.7Kb)
      BAB I (183.9Kb)
      BAB II (625.4Kb)
      BAB III (573.3Kb)
      BAB IV (1.703Mb)
      BAB V (222.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (177.3Kb)
      LAMPIRAN (1.119Mb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      FEDIANTO, ARIF
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rangka merupakan komponen utama dari kontruksi sepeda yang berfungsi menyangga keseluruhan beban, oleh karena itu perhitungan rangka menjadi sesuatu yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kekuatan rangka sepeda bambu saat mendapatkan beban pengemudi yaitu dengan pembebanan statik dengan simulasi menggunakan software Solidworks 2017. Pada penelitian rangka sepeda ini menggunakan material bambu sebagai kontruksi utama. Dalam simulasi pembebanan statik menggunakan asumsi beban pengendara 80 kg , 100 kg dan 150 kg. Material bambu yang digunakan sebagai rangka sepeda diantaranya bambu raw material, bambu sandwich composite non treatment dan bambu composite dengan treatment. Dari hasil simulasi beban statik dari ketiga bahan material tersebut didapatkan bahwa material bambu raw mampu menahan beban maksimal 560 kg dengan tegangan luluh 94,92 Mpa, bambu sandwich composite non treatment mampu menahan beban maksimal 536 kg dengan tegangan luluh 94,95 Mpa dan bambu composite dengan treatment mampu menahan beban maksimal 600 kg dengan tegangan luluh 94,67 Mpa. Dengan nilai faktor keamanan 4 maka faktor kemanan beban pengemudi pada rangka sepeda yang mengunakan material bambu raw sebesar 140 kg, material bambu sandwict composite non treatment sebesar 134 kg dan material
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11110
      Collections
      • Teknik Mesin Otomotif dan Manufaktur

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV