View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENGARUH LIMBAH BAJA ( STEEL SLAG ) SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT KASAR No. ½ ” DAN No.8 PADA CAMPURAN HRS-WC TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (209.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (529.8Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (377.6Kb)
      ABSTRACT (148.5Kb)
      BAB I (207.6Kb)
      BAB II (272.5Kb)
      BAB III (332.3Kb)
      BAB IV (302.3Kb)
      BAB V (520.1Kb)
      BAB VI (196.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (109.1Kb)
      LAMPIRAN (7.401Mb)
      NASKAH PUBLIKASI (493.2Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      PRADANA, WINDI NUGRAENING
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Salah satu bidang industri yang saat ini makin maju perkembangannya adalah industri pengolahan baja. Seiring berkembangnya industri pengolaham baja tersebut maka limbah yang dihasilkan akan meningkat pula. Limbah tersebut berupa limbah B3 (Bahan Berbahaya Beracun) padat yang secara fisik menyerupai agregat kasar yang disebut steel slag. . Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomer 11 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun steel slag merupakan bahan yang tidak berbahaya untuk dimanfaatkan untuk perkerasan jalan. Dengan banyaknya limbah yang ada maka perlu diadakan suatu percobaan untuk pemanfaatan limbah industri pengolahan baja dari barang yang dapat merusak lingkungan menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan salah satunya pada pekerjaan prasarana transportasi yang dapat digunakan sebagai bahan pengganti agregat kasar pada perkerasan jalan. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat fisis steel slag sebagai pengganti agregat kasar dan pengaruh penggunaan steel slag terhadap karakteristik marshall pada campuran HRS-WC. Pada penelitian ini menggunakan variasi steel slag 15%, 25%,35%,45%,55% sebagai pengganti agregat kasar No. ½ dan No.8 dengan kadar aspal optimum (KAO) 6,5% menggunakan Metode Uji Marshall. Hasil dari pengujian dilaboratorium diperoleh hasil sebagai berikut : nilai Density tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 55% yaitu sebesar 2,2978 kg/cc, nilai stabilitas tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 35% yaitu sebesar 2229.2 kg, nilai flow tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 55% yaitu sebesar 4,15 mm, nilai VFA tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 55% yaitu sebesar 77,601%, nilai VMA tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 25% yaitu sebesar 19,602%, nilai VIM tertinggi terjadi pada penambahan steel slag 25% yaitu sebesar 5,328%, nilai MQ terendah terjadi pada penambahan steel slag 55% yaitu sebesar 449,82 kg/mm.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11143
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV