View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Mechanical Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      KAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH KOMPONEN DAN SETING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 LANGKAH 113 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM – ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 40 %

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (70.07Kb)
      HALAMAN JUDUL (363.5Kb)
      ABSTRACT (190.6Kb)
      BAB I (280.3Kb)
      BAB II (904.8Kb)
      BAB III (455.7Kb)
      BAB IV (693.0Kb)
      BAB V (194.3Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (164.6Kb)
      LAMPIRAN (412.5Kb)
      LAMPIRAN (1.154Mb)
      LAMPIRAN (779.2Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (100.1Kb)
      Date
      2017-04-15
      Author
      CHALIFARDI, DIMAS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Bahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan pengunaan bahan bakar agar mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Ethanol adalah sejenis cairan yang mudah menguap, mudah terbakar, dan tak berwarna sehingga sering digunakan sebagai bahan campuran dengan premium. Pengaturan timing pengapian dengan CDI racing diperlukan agar proses pembakaran dapat sempurna, dikarenakan nilai oktan ethanol lebih tinggi dari premium. Penggunaan ethanol diharapkan dapat memberikan efek baik terhadap kinerja motor bensin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh campuran bahan bakar premium-ethanol 40% terhadap kinerja mesin 4 langkah 113 cc dengan variasi timing pengapian. Penelitian ini menggunakan variasi campuran bahan bakar premium-ethanol 40% dengan variasi timing pengapian. Pengujian yang dilakukan meliputi torsi,daya dan konsumsi bahan bakar ( ̇), dengan menggunakan metode trottle spontan dari 3000-10000 RPM untuk pengujian torsi dan daya, pada pengujian konsumsi bahan bakar ( ̇) menggunakan metode trottle per RPM dari 3000-8000 RPM. Dari pengujian diperoleh torsi tertinggi dihasilkan CDI racing standar bahan bakar campuran premium etanol 40% sebesar 11,74 N.m pada 3809 RPM. Daya tertinggi sebesar 7.7 HP pada putaran 7577 RPM, sedangkan untuk konsumsi bahan bakar ( ̇) pada penggunaan CDI standar lebih hemat bahan bakar dibandingkan dengan penggunaan CDI racing.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11144
      Collections
      • Department of Mechanical Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV