View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Medicine and Health Science
      • Department of Medical Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      HUBUNGAN ANTARA PELAKU BULLYING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA REMAJA USIA 12-15 TAHUN DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (48.56Kb)
      HALAMAN JUDUL (831.6Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (492.2Kb)
      ABSTRACT (101.8Kb)
      BAB I (365.1Kb)
      BAB II (280.3Kb)
      BAB III (347.6Kb)
      BAB IV (245.0Kb)
      BAB V (97.63Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (217.6Kb)
      LAMPIRAN (292.5Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (122.6Kb)
      Date
      2017-02-01
      Author
      TRESIKA, NESYA AYU
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Latar Belakang: Bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan secara sengaja dan terjadi berulang-ulang untuk menyerang seorang target atau korban yang lemah, mudah dihina dan tidak bisa membela diri sendiri. Perilaku bullying di sekolah dapat menghambat kemajuan siswa untuk menjalankan pembelajaran yang kondusif dan berpengaruh terhadap kemampuan akademis dan sosial siswa. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui hubungan antara pelaku bullying dengan prestasi belajar pada remaja usia 12-15 tahun. Metode: Penelitian ini berjenis observasional analitik dengan rancangan crosssectional. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 15 Yogyakarta dan diambil menggunakan teknik simple random sampling dengan 104 responden. Pelaku bullying diukur menggunakan instrumen bullying Olweus yang sudah divalidasi. Kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil dan Pembahasan: Dari penelitian ini didapatkan nilai signifikansi atau nilai p yaitu 0.034 atau p<0.05 yang berarti kedua variabel memiliki hubungan yang bermakna. Nilai koefisien korelasi (r) dari penelitian ini sebesar -0,208. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pelaku bullying dengan prestasi belajar pada remaja usia 12-15 tahun. Kekuatan korelasi dari kedua variabel adalah lemah dan memiliki hubungan yang negatif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11215
      Collections
      • Department of Medical Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV