PENGARUH PEMAHAMAN MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWA KELAS XI DI MAN PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengkaji pengaruh pemahaman mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa kelas XI Bahasa 1 dan 2 di MAN Purworejo . Penelitian ini menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan sampel sebanyak 56. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket. Uji validitas menggunakan product moment dan uji reabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman Mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas XI Bahasa 1dan 2 MAN Purworejo berada pada dalam kriteria baik (48,2%). 2) Perilaku keagamaan siswa kelas XI Bahasa 1 dan 2 MAN Purworejo dalam kriteria cukup (57%). 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara pemahaman mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keagamaan yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0,019. Nilai R Square sebesar 0,077 yang artinya pengaruh pemahaman mata pelajaran akidah akhlak terhadap perilaku keagamaan siswa sebesar 7,7% dan 92,3% dipengaruhi oleh faktor lain seperti yang dikatakan bapak Handoko, S.Ag dan bagian kesiswaan ibu Dyah, yaitu faktor lingkungan masyarakat, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah.