EVALUASI PROGRAM PELAKSANAAN KULIAH INTENSIF AL-ISLAM (KIAI) BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standar kompetensi lulusan
Mahasiswa peserta Kuliah intensif Al-Islam (KIAI), evaluasi program
pelaksanaan KIAI Mahasiswa UMY, dan mengetahui faktor pendukung dan
penghambat program KIAI.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian
pemateri, fasilitator dan mahasiswa peserta KIAI. Data dikumpulkan dengan
observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis secara
deskripsi kualitatif. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dengan
desain penelitian evaluatif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan
triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil
wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumentasi
yang berkaitan.
Hasil penelitian menunjukkan: program pelaksanaan KIAI sudah sesuai
prosedur dan buku panduan KIAI, hanya ada beberapa dosen/pemateri yang
kurang baik dalam mengajar baik dari segi penyampaian dan metode
mengajarnya. Dan juga kurangnya motivasi mahasiswa peserta KIAI dalam
mengikuti program ini. Faktor yang mendukung program pelaksanaan KIAI
adalah sebagai berikut; adanya kerja sama antara panitia KIAI, pemateri,
fasilitator dan mahasiswa, adanya peserta yang sudah sesuai dengan
pemahaman ibadah Muhammadiyah, fasilitas yang memadai, latarbelakang
pendidikan fasilitator dari jurusan pendidikan, adanya evaluasi setiap selesai satu
kloter KIAI. Faktor penghambat saat program pelaksanaan KIAI adalah sebagai
berikut; faktor internal/ dari diri mahasiswa yang kurang motivasi dalam
mengikuti pelaksanaan KIAI, faktor dari luar, yaitu karena program KIAI
setelah mahasiswa selesai kuliah, sehingga mahasiswa kurang maksimal
mengikuti KIAI, perbedaan latar belakang pendidikan agama mahasiswa peserta
KIAI, sehingga menimbulkan beberapa persepsi tentang pemahaman ibadah.