View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Language
      • Department of Arabic Education
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DAN PENGGUNAANYA TERHADAP KERRAMPUAN MEMBACA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING TAHUN AIARAN 2016/2017)

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (209.2Kb)
      HALAMAN JUDUL (2.239Mb)
      LEMBAR PENGESAHAN (726.1Kb)
      ABSTRAK (255.5Kb)
      BAB I (839.1Kb)
      BAB II (592.5Kb)
      BAB III (416.3Kb)
      BAB IV (1.038Mb)
      BAB V (419.2Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (509.4Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (696.6Kb)
      LAMPIRAN (1.633Mb)
      Date
      2017-04-12
      Author
      SARI, DWI NUR ENDAH
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa arab siswa terutama dalam pembelajaran kosa kata serta penggunaanya dalam kemampuan membaca siswa kelas VII dan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab serta pengaruh pengunaan kosa kata bahasa arab terhadap kemampuan membaca siswa. Penelitian ini meupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan cara berpikir induktif. Pendekatan yang digunakan yaiu pendekatan naturalistik yaitu pendekatan yang menunjukan bahwa pelaksanaan penelitian yang dilakukan memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak dimanipulasi keadaan dan kondisinya, serta menekankan pada deskripsinya secara alami. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran bahasa arab siswa kelas VII menekankan pada pengetahuan mengenai huruf hijaiyah dan huruf sambung. Hal ini dilakukan guru karena mempertimbangkan beberapa factor siswa termasuk tingkat pengetahuan siswa mengenai bahasa arab yang masih minim. Hal tersebut jugalah yang menmbuat siswa masih sulit dalam menghafal kosa kata dan membaca. (2) kesulitan yang dialami siswa meliputi 2 segi kebahasaan yaitu segi linguistik dan segi non-linguistik. Dari segi linguistik meliputi (a) semantik, yaitu kesulitan siswa dalam memahami makna/arti suatu kata bahasa arab, (b) sintaksis, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan kedudukan suatu kata bahasa arab. Dari segi non-linguistik meliputi (a) siswa, karena latar belakang pendidikan siswa yang beragam dan kurangnya motivasi, (b) guru, karena kurang efektif dalam mengelola waktu belajar, kurang dalam mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar dan kurang efektif dalam menggunakan media. (3) sedangkan Pengaruh penggunaan kosa kata dalam kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa arab kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Gamping ini masih belum dapat diaplikasikan. Karena masalah atau kesulitan mendasar yang dihadapi siswa tersebut yaitu mengenai huruf hijaiyah serta penyambungan huruf.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11292
      Collections
      • Department of Arabic Education

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV