ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB DAN PENGGUNAANYA TERHADAP KERRAMPUAN MEMBACA (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 2 GAMPING TAHUN AIARAN 2016/2017)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
bahasa arab siswa terutama dalam pembelajaran kosa kata serta penggunaanya
dalam kemampuan membaca siswa kelas VII dan kesulitan-kesulitan yang
dihadapi siswa dalam pembelajaran kosa kata bahasa arab serta pengaruh
pengunaan kosa kata bahasa arab terhadap kemampuan membaca siswa.
Penelitian ini meupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan
cara berpikir induktif. Pendekatan yang digunakan yaiu pendekatan naturalistik
yaitu pendekatan yang menunjukan bahwa pelaksanaan penelitian yang dilakukan
memang terjadi secara alamiah, apa adanya, dalam situasi normal yang tidak
dimanipulasi keadaan dan kondisinya, serta menekankan pada deskripsinya secara
alami. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi,
interview, dokumentasi dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) proses pembelajaran bahasa
arab siswa kelas VII menekankan pada pengetahuan mengenai huruf hijaiyah dan
huruf sambung. Hal ini dilakukan guru karena mempertimbangkan beberapa
factor siswa termasuk tingkat pengetahuan siswa mengenai bahasa arab yang
masih minim. Hal tersebut jugalah yang menmbuat siswa masih sulit dalam
menghafal kosa kata dan membaca. (2) kesulitan yang dialami siswa meliputi 2
segi kebahasaan yaitu segi linguistik dan segi non-linguistik. Dari segi linguistik
meliputi (a) semantik, yaitu kesulitan siswa dalam memahami makna/arti suatu
kata bahasa arab, (b) sintaksis, kesulitan siswa dalam memahami dan menentukan
kedudukan suatu kata bahasa arab. Dari segi non-linguistik meliputi (a) siswa,
karena latar belakang pendidikan siswa yang beragam dan kurangnya motivasi,
(b) guru, karena kurang efektif dalam mengelola waktu belajar, kurang dalam
mengaitkan materi dengan lingkungan sekitar dan kurang efektif dalam
menggunakan media. (3) sedangkan Pengaruh penggunaan kosa kata dalam
kemampuan membaca pada pembelajaran bahasa arab kelas VII di SMP
Muhammadiyah 2 Gamping ini masih belum dapat diaplikasikan. Karena masalah
atau kesulitan mendasar yang dihadapi siswa tersebut yaitu mengenai huruf
hijaiyah serta penyambungan huruf.