PROSES MANAJEMEN PENGETAHUAN BAGI INOVASI PELAYANAN PERIZINAN DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
lnoaasi dalam lembaga organisasi pemeintah melalui pengelolaan pengetahuan merupakan hasil penelitan mutaWtir yang penting. Tujuan penelitian ini adalah melihat pada pengelolaan pengetahuan dalam meningkatkan pelayanan publik, terutama d.alam proses pelizinan publik. Hasil penelitian ini menyatakan, bahwa penciptaan dan berbagi pengetahuan terjadi pada leael menengah dan bawah organisasi yang terdiri dari ribuan fle pelayanan yang tidak dapat diketahui dengan pasti tingkat penyelesaiannya. Pada tahap berikutnya adalah pengorganisasian anggota yang terdiri dai karyawan-karyawan berpengalaman yattg mencoba menyelesaikan dengan membuat model pengembangan sistem informasi. Peizinan kantor jenis otgflflisflsi dapat dikategotikan sebagai bentuk demokrasi deliberatif 'adhocracy' sebuah organisasi dengan tipe lingkungan, dimana ada partisipasi publik yang tinggi dan kepedulian dalmn pelayanan perizinan.