View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Engineering
      • Department of Civil Engineering
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PEMODELAN LALU LINTAS MENGGUNAKAN PKJI 2014 DAN SOFTWARE VISSIM 9 PADA SIMPANG APILL KETANDAN, RING ROAD TIMUR, BANTUL, YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (84.78Kb)
      HALAMAN JUDUL (943.1Kb)
      LEMBAR PENGESAHAN (9.073Mb)
      ABSTRAK (7.217Kb)
      BAB I (19.82Kb)
      BAB II (224.1Kb)
      BAB III (3.526Mb)
      BAB IV (395.3Kb)
      BAB V (1.429Mb)
      BAB VI (160.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (132.3Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (1.037Mb)
      LAMPIRAN (3.189Mb)
      Date
      2017-05-15
      Author
      KURNIAWAN, WIWIT
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Yogyakarta yang merupakan pusat budaya dan dikenal sebagai kota pelajar di Indonesia yang selalu ramai dikunjungi. Sebagai akibatnya eningkatkan jumlah populasi maka jumlah mobilitas kendaraan yang terjadi di kota Yogyakartajuga semakin meningkat. Beberapa ruas jalan mengalami kemacetan khususnya jalan untuk akses dari jalan luar kota menuju jalan perkotaan. Salah satu simpang dengan permasalahan tersebut adalah simpang APILL Ketandan, Bantul Yogyakarta. Kendaraan yang melaluii simpang tersebut bergagai macam/jeniss kendaran, dari kendaraan ringan (light vehicles) sampai dengan kendaraan berat (heavy vehicles).Kondisi ini memerlukan evaluasi dan analisis untuk dapat memaksimalkan kinerja simpang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi eksiting, pemodelan lalu lintas, dan memberi alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang APILL Ketandan, Bmtul Yogyakarta. Hasil yang di dapat dari analisis kinerja simpang menggunakan software VISSIM 9 untuk kondisi eksisting yaitu nilai tundaan rata- rata sebesar 470.96 detik/skr, panjang antrian rata- rata 110,72 meter, dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah F (sangat buruk). Beberapa alternatif solusi untuk meningkatkan kinerja simpang adalah alternatif I (menghitung waktu siklus baru) alternatif II (perancangan pelebaran jalan),alternatif III (gabungan antara menghitung waktu siklus dan perancangan pelebaran jalan). Alternatif tebaik adalah alternatif III berdasarkan nilai tundaan rata-rata di dapat nilai 58,46 detik/skr dan panjang antrian rata-rata 80,76 meter. Nilai tundan rata-rata pada lengan Utara, Timur, Selatan, dan Barat sebesar 61,20 ; 56,71; 59,96; dan 55,72 dtk/skr dan tingkat pelayanan simpang (level of service) adalah E (buruk). Berdasarkan alternatif yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa nilai tundaan mengalami penurunan pada setiap alternatif.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11311
      Collections
      • Department of Civil Engineering

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV