PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PENGAMALAN IBADAH SHALAT MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengamalan ibadah shalat pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, penggunaan gadget pada mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, selajutnya untuk membuktikan pengaruh penggunaan gadget terhadap pengamalan ibadah shalat mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan model korelasi. Populasi berjumlah 168, dengan sampel 50 mahasiswa yang diambil dengan random sampling. Data dikumpulkan dengan angket model genap ganjil dan dianalisis secara deskriptif, uji anova, uji regresi sederhana, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat penggunaan gadget mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMY dalam kelas interval 55-61dengan jumlah mahasiswa 17 orang dan frekuensi 34%, sedangkan jika melihat hasil dari tabel 39 nilai mean 52,38, nilai tersebut berada diantara kelas interval 48-54, dengan ini dapat dikatakan bahwa penggunaan gadget dalam katagori sedang. (2) Tingkat pengamalan ibadah shalat mahasiswa Pendidikan Agama Islam UMY dalam kelas interval 35-41 dengan jumlah mahasiswa 19 orang dan frekuensi 38%, sedangkan jika melihat hasil dari tabel 57 nilai mean 39,86, nilai tersebut berada diantara kelas interval 35-41, dengan ini dapat dikatakan bahwa pengamalan ibadah shalat mahasiswa dalam katagori sedang. (3) Terdapat Pengaruh yang signifikan variabel penggunaan gadget terhadap pengamalan ibadah shalat mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam UMY. Hal tersebut dapat dilihat dari uji Anova yang hasilnya 0,042 < 0,05, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak.
Kata Kunci: Penggunaan Gadget