View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE ROLE PLAYING DI SD NEGERI TUKANGAN YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.0Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.015Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (275.6Kb)
      ABSTRACT (82.84Kb)
      BAB I (164.9Kb)
      BAB II (292.7Kb)
      BAB III (428.1Kb)
      BAB IV (856.2Kb)
      BAB V (90.19Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (90.85Kb)
      LAMPIRAN (977.5Kb)
      Date
      2017-05-20
      Author
      QOSIM, MOHAMMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini untuk mengidentifikasi dan mengkaji metode role playing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research-CAR) yang terdiri dari II siklus. I siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas V B, dengan jumlah siswa dan siswi 23. Terdiri dari delapan siswa laki-laki dan 15 siswi perempuan. Penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk data wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif. Sedangkan analisis kuantitatif untuk data berupa observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui metode role playing dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Peningakatan motivasi tersebut dapat dilihat dari perolehan persentase rata-rata sebelum tindakan, siklus I, dan siklus II. Terbukti dari perolehan persentase motivasi belajar siswa pada sebelum tindakan sebesar 39,13% (kategori rendah). Setelah diberikan perbaikan pada Siklus I mengalami peningkatan menjadi 68,47% (kategori sedang). Pada Siklus II penerapan metode role playing ditingkatkan kembali sehingga prosentase yang diperoleh meningkat menjadi 90,21% (kategori tinggi).
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11326
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV