EVALUASI IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK MODEL INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN ISMUBA SD MUHAMMADIYAH AMBARKETAWANG 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep, pelaksanaan dan hasil Pendekatan Saintifik Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran ISMUBA di SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik Miles Hulberman yaitu mengupulkan semua data, klasifikasi data, reduksi data, triangulasi data, dan penarikan kesimpulan sementara.
Hasil yang didapat: (1) konsep Pendekatan Saintifik Model Inquiry Learning dalam Pembelajaran ISMUBA belum berdasarkan Kurikulum 2013 (KURTILAS). Sedangkan dalam proses pembelajaran ISMUBA berdasarkan RPP kembangan dari silabus tersebut pada proses pelaksaan pembelajaran sudah menerapkan Pendekatan Saintifik Model Inquiry Learning berdasarkan kurikulum 2013. (2) Tahapan dalam pelaksanaan pembelajaran ISMUBA model Inquiry Learning terdiri dari kegiatan orientasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, dan merumuskan kesimpulan. (3) Hasil yang dicapai dalam pembelajaran ISMUBA SD Muhammadiyah Ambarketawang 3 Yogyakarta dinilai dari segi kognitif, efektif, dan psikomotorik. Untuk hasil kognitif siswa dikategorikan baik karena nilai terendah 70 dan nilai tertinggi adalah 100.