KONSEP DAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PEMIMPIN MENURUT IMAM GHAZALI DALAM KITAB AT-TIBR AL-MASBUK FI NASIHATI AL-MULUK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konsep dan nilai–nilai pendidikan akhlak pemimpin menurut Imam Ghazali dalam kitab At-Tibr al-Masbuk fi Nasihati al-Muluk dan untuk mengetahui konsep dan nilai–nilai pendidikan akhlak pemimpin menurut Imam Ghazali dalam kitab At-Tibr al-Masbuk fi Nasihati al-Muluk.
Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan bukan penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif analisis yang terbaik dilakukan sejak awal penelitian (ongoing). Peneliti tidak perlu menunggu data terkumpul lengkap untuk melakukan analisis.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep dan nilai–nilai pendidikan akhlak pemimpin menurut Imam Ghazali dalam kitab At-Tibr al-Masbuk fi Nasihati al-Muluk terdiri dari konsep pendidikan siyasat politik, mengatur atau membagi waktu, hak dan kebathilan, dan sifat-sifat dan kewajiban pemimpin, pegawai, dan rakyat. Sedangkan nilai–nilai pendidikan akhlak pemimpin menurut Imam Ghazali dalam kitab At-Tibr al-Masbuk fi Nasihati al-Muluk terdiri nilai–nilai pendidikan berkhidmat dan beriman kepada Allah, kehidupan abadi, keindahan dan kemewahan dunia, kehormatan, keadilan, bijaksana, wibawa, dan musyawarah.