PENGARUH INOVASI PRODUK, KREATIVITAS, DAN CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN KSPPS BAITUL MAAL WAT TAMWIL
Abstract
Pertumbuhan lembaga atau industri keuangan syariah di Indonesia yang cukup signifikan membuat lembaga-lembaga tentunya dituntut untuk memiliki strategi yang baik untuk kemampuan bertahan, resiko gagal bisnis, dan pertumbuhan perusahaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran inovasi produk, kreativitas, dan citra perusahaan terhadap kinerja perusahaan.
Obyek penelitian ini adalah KSPPS BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF) Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan didistribusikan untuk anggota (nasabah) BMT BIF Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif asosiatif sedangkan data yang digunakan adalah data primer, yang diambil dari anggota (nasabah) BMT BIF Yogyakarta. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 50 responden. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan software SPSS 24.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara inovasi produk, kreativitas perusahaan, dan citra perusahaan terhadap kinerja perusahaan melalui kepuasan pelanggan secara parsial dan simultan. Secara parsial variabel bebas yang paling berpengaruh terhadap variabel terikat adalah variabel inovasi produk dengan besar pengaruh 67,3% dalam taraf signifikansi 1%.