HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN SIKAP BULLYING SISWA KELAS V SDN NOGOTIRTO SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kecerdasan emosional siswa (2) mengetahui sikap bullying siswa (3) mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan sikap bullying siswa kelas V SDN Nogotirto Sleman Yogyakarta.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Nogotirto yang berjumlah 51 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan korelasi (Pearson).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa adalah pada kategori sedang, sebanyak 32 siswa (62,8%) dengan rata-rata 47,94 yang berada dalam interval skor 43-50 (sedang). Sedangkan sikap bullying pada kategori sedang sebanyak 28 siswa (54,9%) dengan rata-rata 27,27 yang berada dalam interval skor 25-34 (sedang). Hasil uji korelasi yang didapatkan pada nilai p(0.006) dan hasil nilai r(-0.377) yang arah korelasinya negatif (berlawanan). Terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan sikap bullying siswa kelas V SDN Nogotirto Sleman Yogyakarta. Dengan demikian, semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin rendah sikap bullying siswa.