View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (26.92Kb)
      HALAMAN JUDUL (556.2Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (8.681Mb)
      ABSTRACT (89.56Kb)
      BAB I (225.5Kb)
      BAB II (372.9Kb)
      BAB III (516.3Kb)
      BAB IV (539.5Kb)
      BAB V (188.4Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (294.0Kb)
      LAMPIRAN (1.713Mb)
      Date
      2017-05-16
      Author
      WATI, FAJAR
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan (2) Untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan motivasi dan prestasi belajar mata pelajaran SKI peserta didik antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan (3) Untuk mengetahui apakah penerapan metode pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) efektif terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian satu faktor dan dua sampel. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester II Mts Muhammadiyah Kasihan. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen (VIII A) dan kelas kontrol (VIII C). Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian pada uji hipotesis pertama menunjukkan bahwa perbedaan motivasi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan menunjukkan angka sig 0,832 > 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol sesudah perlakuan, karena dimungkinkan faktor lain disamping metode TGT yaitu guru sebagai trainer terkesan monoton. Perbedaan prestasi belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol setelah perlakuan menunjukkan angka sig 0,014 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol sesudah perlakuan. Hasil uji hipotesis kedua perbedaan motivasi siswa pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan angka sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen antara motivasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Perbedaan prestasi belajar pada kelas eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan angka sig 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen antara prestasi belajar sebelum dan sesudah perlakuan.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11419
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV