View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE KLASIKAL UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN TARTIL DAN SENI BACA AL-QUR’AN DI ANGKATAN MUBALLIGH MUDA YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.1Kb)
      HALAMAN JUDUL (558.9Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (322.7Kb)
      ABSTRACT (146.6Kb)
      BAB I (225.3Kb)
      BAB II (256.0Kb)
      BAB III (163.5Kb)
      BAB IV (378.9Kb)
      BAB V (155.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (207.7Kb)
      LAMPIRAN (1.084Mb)
      Date
      2017-05-18
      Author
      SHOLIKHAH, ITSNA HANNI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode klasikal untuk meningkatkan kemampuan tartil dan seni baca Al-Qur’an, untuk mengetahui program-program yang dilaksanakan oleh lembaga upaya, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung serta penghambat untuk peningkatan kemampuan tartil dan seni baca Al-Qur’an pada peserta didik di Angkatan Muballigh Muda Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian field reaserch atau lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan dengan melakukan pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung. Kemudian, penelitian tersebut dijabarkan dalam bentuk kata-kata secara tertulis dan dijelaskan detail di dalamnya. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Lembaga tersebut menerapkan metode klasikal. Penerapan metode klasikal tersebut di antaranya yaitu pendidik memberikan pemahaman terkait lagu-lagu yang dipelajari dalam bimbingan tartil dan seni baca Al-Qur’an, kemudian setelah itu peserta diminta untuk mempraktekkan secara bersama-sama, ataupun berkelompok terkait materi yang telah dipelajari bersama pendidik. 2) Program-program yang dilaksanakan lembaga guna meningkatkan kemampuan tartil dan seni baca Al-Qur’an pada peserta didik berjalan dengan baik. Salah satunya yaitu generasi berprestasi dalam bidang tartil dan seni baca Al-Qur’an dari hasil bimbingan yang diikuti di lembaga tersebut semakin meningkat. 3) Bimbingan tartil dan seni baca Al-Qur’an ini memiliki faktor pendukung dan penghambat yang sama dari setiap kelasnya dalam menjalankan pembelajaran pada setiap pertemuan. Faktor pendukung tersebut di antaranya yaitu fasilitas cukup memadai, materi sesuai dengan kemampuan peserta didik, jadwal konsisten, tutor-tutor yang aktif dan berkompeten, dan masyarakat yang peduli terhadap lembaga. Kemudian, faktor-faktor penghambatnya yaitu intensitas kehadiran peserta tidak konsisten, kualitas para peserta beragam, kondisi kantor sederhana, dan konsistensi dan dedikasi pendidik kurang maksimal.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11437
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV