IMPLEMENTASI ETIKA BISNIS ISLAM DAN RELIGIUSITAS PEDAGANG MUSLIM DI PASAR BATUR KABUPATEN BANJARNEGARA
Abstract
Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Religiusitas terhadap Implementasi Etika Bisnis islam Pedagang muslim di Pasar Batur kabupaten Banjarnegara.
Religiusitas yang diteliti terdiri dari dimensi keyakinan, dimensi praktik agama, dimensi Ilmu pengetahuan, dimensi akhlaq dan dimensi konsekuensi atau pengamalan. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 100 orang pedagang muslim yang berjualan di Pasar Batur dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposif sempling . Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan memperoleh data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua dimensi yang diteliti berpengaruh positif dan signifikan terhadap implementasi etika bisnis Islam Pedagang muslim di Pasar Batur. Dari ke-lima dimensi yang diteliti, dimensi Aqidah atau kepercayaan merupakan dimensi yang berpengaruh peling dominan.