View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK PENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 WATES

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (45.88Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.329Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (564.3Kb)
      ABSTRACT (164.1Kb)
      BAB I (188.1Kb)
      BAB II (312.9Kb)
      BAB III (466.6Kb)
      BAB IV (683.2Kb)
      BAB V (91.09Kb)
      BAB I (188.1Kb)
      BAB II (312.9Kb)
      BAB III (466.6Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (221.4Kb)
      LAMPIRAN (2.743Mb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      MUNAWAROH, ZULFA ZAIDATUL
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan metode TGT dalam pembelajaran fiqh di kelas XI, (2) penerapan metode TGT untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa di kelas eksperimen, (3) apakah terdapat perbedaan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol di Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan bentuk pretest posttest control group design. Rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan metode TGT dan kelompok kontrol dengan metode ceramah. Populasi adalah siswa Kelas XI. Sampel Kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (t-test sample for paired dan t-test sample for independent). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode TGT dimulai dengan presentasi kelas yang dilakukan siswa, kemudian membentuk tim secara heterogen untuk melakukan games dan turnamen, setelah selesai, dilakukan rekognisi. Penerapanya berjalan dengan baik dan siswa antusias mengikutinya (2) Penerapan metode TGT dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa dikelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi kepercayaan diri 0,00 < 0,05 dengan nilai t hitung 11,310. Sedangkan nilai signifikansi pemahaman belajar 0.00 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 15,160. (3) terdapat perbedaan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi kepercayaan diri sebelum perlakuan 0,286 > 0,05 dengan t hitung 1,078 dan setelah perlakuan 0,018 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 2,431, sedangkan pemahaman belajar memiliki nilai signifikansi sebelum perlakuan 0,412 > 0,05 dengan t hitung 0,827 dan setelah perlakuan 0,043 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 2,065.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11463
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV