PENERAPAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK PENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI DAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FIQH KELAS XI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 WATES
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana penerapan metode TGT dalam pembelajaran fiqh di kelas XI, (2) penerapan metode TGT untuk meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa di kelas eksperimen, (3) apakah terdapat perbedaan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa kelas ekperimen dan kelas kontrol di Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu dengan bentuk pretest posttest control group design. Rancangan ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan metode TGT dan kelompok kontrol dengan metode ceramah. Populasi adalah siswa Kelas XI. Sampel Kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t (t-test sample for paired dan t-test sample for independent).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode TGT dimulai dengan presentasi kelas yang dilakukan siswa, kemudian membentuk tim secara heterogen untuk melakukan games dan turnamen, setelah selesai, dilakukan rekognisi. Penerapanya berjalan dengan baik dan siswa antusias mengikutinya (2) Penerapan metode TGT dapat meningkatkan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa dikelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi kepercayaan diri 0,00 < 0,05 dengan nilai t hitung 11,310. Sedangkan nilai signifikansi pemahaman belajar 0.00 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 15,160. (3) terdapat perbedaan kepercayaan diri dan pemahaman belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, dengan nilai signifikansi kepercayaan diri sebelum perlakuan 0,286 > 0,05 dengan t hitung 1,078 dan setelah perlakuan 0,018 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 2,431, sedangkan pemahaman belajar memiliki nilai signifikansi sebelum perlakuan 0,412 > 0,05 dengan t hitung 0,827 dan setelah perlakuan 0,043 < 0,05 dengan nilai t hitung sebesar 2,065.