View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Tarbiyah
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA SISWA PADA MATERI PELAJARAN TARIKH DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YOGYAKARTA

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (110.8Kb)
      HALAMAN JUDUL (891.7Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (231.3Kb)
      ABSTRACT (83.34Kb)
      BAB I (154.8Kb)
      BAB II (206.8Kb)
      BAB III (311.1Kb)
      BAB IV (366.6Kb)
      BAB V (130.7Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (51.02Kb)
      LAMPIRAN (2.930Mb)
      Date
      2017-05-22
      Author
      HANDAYANI, SRI RIZKI
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi sikap kerjasama siswa sebelum dilakukan tindakan, 2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Tarikh melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap sikap kerjasama siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta, 3) mengetahui ada tidaknya peningkatan sikap kerjasama siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi pelajaran Tarikh kelas XI SMA Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Desain penelitian yang digunakan yaitu model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Muhammadiyah Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini difokuskan kepada peningkatan sikap kerjasama siswa pada materi pelajaran Tarikh setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Teknik pengumpulan data menggunakan: 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) sikap kerjasama siswa sebelum dilakukan tindakan tergolong rendah, dikarenakan metode mengajar yang monoton dan siswa tidak dilibatkan untuk aktif saat proses pembelajaran. 2) pelaksanaan pembelajaran Tarikh melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa kelas XI diawali dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pelaksanaan dilakukan berdasarkan komponen STAD meliputi presentasi kelas atau mengajar, diskusi kelompok, tes individu, skor kemajuan individual, dan penghargaan kelompok. Pertemuan I guru menjelaskan materi pelajaran, pertemuan II diskusi kelompok, pertemuan III tes individual dan rekognisi tim. 3) ada peningkatan sikap kerjasama dapat dilihat dari hasil kerja kelompok siswa dari rerata 30% pada pra tindakan menjadi 68,6% pada siklus I, dan menjadi 82,75% pada siklus 2. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa metode STAD mampu meningkatkan proses pembelajaran dan sikap kerjasama siswa kelas XI.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11469
      Collections
      • Department of Tarbiyah

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV