View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Undergraduate Thesis
      • Faculty of Islamic Studies
      • Department of Economics and Islamic Banking
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DALAM USAHA PENGOLAHAN PANGAN

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (249.7Kb)
      HALAMAN JUDUL (923.4Kb)
      HALAMAN PENGESAHAN (482.1Kb)
      ABSTRACT (94.07Kb)
      BAB I (717.6Kb)
      BAB II (881.7Kb)
      BAB III (429.5Kb)
      BAB IV (1.111Mb)
      BAB V (432.8Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (533.3Kb)
      LAMPIRAN (1006.Kb)
      Date
      2017-05-17
      Author
      SHOLIHAH, SARAH ARBAATUS
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Implementasi standar kualitas dan manajemen merupakan salah satu hal yang penting dalam pengolahan pangan. Dalam Islam nilai-nilai standar kualitas dan manajemen terangkum dalam etika bisnis Islam. Bagi pedagang muslim hendaknya dapat memahami dan menerapkan etika bisnis Islam dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan etika bisnis islam dalam usaha pengolahan pangan oleh pedagang makanan di Kelurahan Tamantirto. Konsep dasar etika bisnis yang digunakan diantaranya terdiri dari tauhid, keadilan dan khilafah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini data diperoleh dari kuesioner dan wawancara kepada pedagang makanan di Kelurahan Tamantirto, Badan Pusat Statistik Yogyakarta dan lainnya. Kuesioner merupakan data pendukung untuk mengambil sampel. Kemudian dilanjutkan dengan wawancara sebagai penelitian yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan etika bisnis Islam oleh pedagang makanan masih rendah. Hal tersebut dapat dilihat dengan alasan kurangnya kesadaran diri dalam berkomitmen untuk menjadi muslim yang patuh pada perintah Allah serta kurangnya ketelitian pada bahan/proses produksi. Kendala yang dihadapi yaitu tidak tersedianya tempat yang representative untuk mengerjakan sholat dan asymmetric information sehingga tidak terlaksananya proses pencatatan dikarenakan kesibukan. Ditinjau dari prinsip Islam pada hakikatnya kendala tersebut masih dapat diatasi dengan meningkatkan pemahaman, kesadaran dan ketelitian yang tinggi mengenai konsep etika bisnis islam
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11492
      Collections
      • Department of Economics and Islamic Banking

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV