ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN PRODUK TABUNGAN WADIAH (TABUNGAN ARISTA PRIMA) PADA KSPPS PRIMA ARTHA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH SIMPANAN
Abstract
Perkembangan koperasi konvensional dan koperasi syariah saat ini sangat cepat, terlihat dari jumlah koperasi aktif hingga tahun 2013 mencapai 139.321. Namun diiringi dengan bertambahnya jumlah koperasi aktif itu tidak pula dibarengi dengan kenaikan pertumbuhan koperasi, bahkan pertumbuhan koperasi mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena persaingan produk-produk lembaga keuangan yang bukan hanya koperasi saja. Koperasi syariah perlu terus melakukan pengembangan produk yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pendanaan simpanan masyarakat. Pengembangan produk tersebut diharapkan menghasilkan produk yang inovatif, dengan biaya yang rendah dan likuiditas yang rendah pula.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan yaitu deskriptif analisis yang bertujuan menjelaskan fenomena atau fakta-fakta secara sistematis, factual dan akurat melalui pengumpulan data. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan.
Dalam pengembangan produk tabungan arista prima ini, gagasan yang di hasilkan berasal dari mirroring produk dari lembaga keuangan lainnya. Hasil dari analisis mirroring tersebut lalu diupayakan agar dapat diterapkan pada koperasi syariah, mulai dari menganalisis hukumnya, akad, sasaran, hingga strategi pemasaran. Pengembangan produk tabungan arista prima ini dinilai efektif karena dapat meningkatkan jumlah simpanan, akan tetapi biaya yang dikeluarkan oleh produk ini tergolong mahal. Walaupun produk tabungan arista meningkatkan kinerja dana pihak ketiga, akan tetapi tidak ada peningkatan pada kinerja likuiditas dan rentabilitas.