View Item 
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      •   UMY Repository
      • 03. DISSERTATIONS AND THESIS
      • Students
      • Master Thesis
      • Master of Hospital Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      ANALISIS PENCAPAIAN DAN EVALUASI INDIKATOR MANAJEMEN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GAMPING

      Thumbnail
      View/Open
      COVER (11.40Kb)
      HALAMAN JUDUL (1.333Mb)
      HALAMAN PENGESAHAN (403.1Kb)
      ABSTRAK (184.2Kb)
      BAB I (110.9Kb)
      BAB II (378.6Kb)
      BAB III (298.0Kb)
      BAB IV (575.2Kb)
      BAB V (109.9Kb)
      DAFTAR PUSTAKA (310.6Kb)
      LAMPIRAN (458.9Kb)
      NASKAH PUBLIKASI (494.8Kb)
      Date
      2017-05-26
      Author
      RAMADHAN, AHMAD
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Rumah sakit dituntut akreditasi minimal tiga tahun sekali untuk meningkatkan mutu pelayanan. Penelitian ini difokuskan pada akreditasi kelompok standar manajemen rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pencapaian indikator manajemen RS serta menganalisis dan mendeskripsikan indikator manajemen di RS PKU Muhammadiyah Gamping. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mix method) dengan desain explanatory sequential. Subjek penelitian terdiri atas staf farmasi, supervisor unit rekam medik, komite keselamatan pasien dan manajemen resiko klinik, penanggung jawab unit radiologi, pasien rawat inap, karyawan tetap RS, supervisor unit rekam medik, dan kepala bagian keuangan. Data kuantitatif diolah dalam bentuk tabel sederhana, sedangkan data kualitatif diolah melalui tahapan reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan pencapaian indikator manajemen RS PKU Muhammadiyah Gamping belum seluruhnya berdasarkan penilaian terhadap elemen indikator yang telah disepakati. Sembilan indikator yang diteliti baru berupa usulan dari masing-masing unit. Namun, indikator yang diteliti tetap relevan untuk mengukur kebutuhan rumah sakit ini guna meningkatkan mutu pelayanan dan keselamatan pasien. Hasil penilaian terhadap capaian indikator menunjukkan bahwa batas kadaluwarsa obat xv kurang dari 1% sudah tidak relevan dijadikan indikator kemajuan rumah sakit, pelaporan yang diwajibkan, pelaporan insiden keselamatan pasien belum didukung basis data yang kuat, penggunaan USG 4 tidak dapat dijadikan indikator kemajuan suatu rumah sakit, pihak manajemen belum melakukan penilaian secara berkala tentang kepuasan pasien maupun kepuasan staf, data piutang dikumpulkan dan dilaporkan setiap bulan, jumlah pasien jantung dan pembuluh darah tidak menggambarkan detail terkait keberhasilan pelayanannya, pemakaian APD menunjukkan ketidakpatuhan mencapai 30% lebih.
      URI
      http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/11534
      Collections
      • Master of Hospital Management

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV
       

       

      Browse

      All of UMY RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      DSpace software copyright © 2002-2015  DuraSpace
      Contact Us | Send Feedback
      Theme by 
      @mire NV